Lando Norris dan Alonso pimpin sesi FP1 dan FP2 GP Kanada

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Noris

Lando Norris dan Alonso pimpin sesi FP1 dan FP2 GP Kanada

Arsip foto - Pembalap Aston Martin asal Spanyol Fernando Alonso mengungguli pembalap McLaren asal Australia Oscar Piastri (tengah) dan pembalap McLaren asal Inggris Lando Norris saat Grand Prix Formula Satu Arab Saudi di Sirkuit Jeddah Corniche di Jeddah pada (9/3/2024). (ANTARA/AFP/Giuseppe Cacace/pri.)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap McLaren Lando Norris dan pembalap Aston Martin Fernando Alonso masing-masing memimpin sesi latihan bebas (FP) 1 dan 2 Grand Prix Kanada yang digelar di Sirkuit Gilles Villeneuve, Sabtu WIB.

Pada sesi latihan pertama, Norris yang mencatatkan waktu tercepat 1 menit 25,435 detik, berada di depan duo Ferrari yaitu Carlos Sainz dan Charles Leclerc dengan margin waktu masing-masing 0,328 detik dan 0,871 detik.

Berada di belakang mereka adalah juara bertahan Max Verstappen (Red Bull) dan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton (Mercedes), serta rekan satu tim Norris, Oscar Piastri.

Beralih ke sesi latihan kedua yang lebih menantang karena Montreal yang diguyur hujan deras, Alonso mencatatkan lap terbaik dalam 1 menit 15,810 detik untuk mengungguli George Russell (Mercedes) dengan selisih 0,462 detik dalam sesi yang membuat juara dunia bertahan tiga kali Red Bull, Verstappen, kembali kesulitan.

Pembalap Belanda itu hanya berhasil melakukan empat lap dan melompat keluar dari mobilnya yang berasap di pit pada pertengahan sesi yang memberikan sedikit petunjuk tentang apa yang akan terjadi pada kualifikasi atau balapan utama.

Pembalap tuan rumah Lance Stroll (Aston Martin) berada di urutan ketiga, tepat di depan Leclerc, Daniel Ricciardo (RB), Kevin Magnussen (Haas) dan Hamilton.

Yuki Tsnuoda (RB) berada di urutan kedelapan, mengungguli Alex Albon (Williams), dan Sergio Perez (Red Bull) di urutan ke-10.

Sementara itu, rangkaian GP Kanada akan berlanjut dengan FP3 pada hari ini pukul 23.30 selama satu jam, dan selesai pada Minggu (9/6) pukul 00.30 WIB.

Sesi kualifikasi untuk mencari posisi start akan dimainkan pada Minggu (9/6) pukul 03.00-04.00 WIB. Sementara untuk sesi balapan utama dengan 70 lap akan dimainkan pada Senin (10/6) pukul 01.00 WIB.

Memasuki F1 seri kesembilan, Verstappen saat ini memuncaki klasemen sementara dengan 169 poin. Pembalap asal Belanda itu unggul 31 poin dari Lecrerc di posisi kedua dan Lando Norris di posisi ketiga dengan keunggulan 56 poin.

Sementara pada klasemen konstruktor, Red Bull memimpin klasemen dengan 276 poin, unggul 24 poin dari Ferrari di posisi kedua, dan unggul 94 poin dari McLaren di posisi ketiga.

Baca juga: 33 pereli bersaing di Kejuaraan Nasional Rally Sumatera Utara 2024

Baca juga: Fadillah Arbi Aditama turun sebagai wildcard di Moto3 Catalunya, Spanyol