600 rumah di Rusia terendam banjir, 14.000 orang dievakuasi untuk pengamanan

id Berita hari ini,berita riau terbaru, berita riau antara, banjir

600 rumah di Rusia terendam banjir, 14.000 orang dievakuasi untuk pengamanan

Ilustrasi - Foto udara evakuasi warga menggunakan perahu darurat saat banjir di Nagari Kampung Galapuang, Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Minggu (7/5/2023). (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/aww/pri.)

Moskow (ANTARA) - Lebih dari 600 bangunan tempat tinggal dan 2.300 rumah pedesaan terendam banjir di Wilayah Kurgan di Rusia, mendorong dilakukannya evakuasi preventif terhadap lebih dari 14.000 orang, kata Gubernur setempat Vadim Shumkov pada Rabu (17/4).

“Saat ini terdapat 25 pemukiman dan 107 komunitas taman di 6 distrik, termasuk Kota Kurgan, terendam banjir di area Sungai Tobol. Jumlah ini mencakup 669 bangunan tempat tinggal, 2.376 rumah serta lima jembatan,” kata Shumkov saat pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Situasi banjir terparah di Wilayah Kurgan dilaporkan terjadi di distrik Ketovsky dan Kota Kurgan, katanya.

“Lebih dari 14.300 warga, termasuk 1.833 anak, telah dievakuasi untuk antisipasi. Ada 20 pusat akomodasi sementara yang menampung 730 orang, termasuk 316 anak. Penyandang disabilitas dan orang dengan mobilitas terbatas ditempatkan di rumah sakit distrik pusat,” kata Shumkov menambahkan.

Ketinggian air diperkirakan akan mencapai tingkat maksimal 10 meter dalam beberapa hari mendatang, kata Menteri Kementerian Darurat Rusia Alexander Kurenkov kepada Putin.

Wilayah Rusia yang berada di Pegunungan Ural dan Siberia bergulat dengan banjir besar yang dipicu salju yang cepat mencair dan naiknya permukaan air di sungai selama beberapa pekan.

Wilayah Kurgan, Orenburg dan Tyumen telah mengumumkan status darurat.

Baca juga: Genangan banjir ganggu arus mudik di jalur pantura Kaligawe Semarang

Baca juga: Warga Demak mulai pulang saat banjir mulai surut


Sumber: Sputnik