Bengkalis Tawarkan Investasi Migas

id bengkalis tawarkan, investasi migas

Bengkalis Tawarkan Investasi Migas

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menawarkan investasi pengeloaan minyak dan gas (migas) serta pengembangan sumber daya alam lainnya yang potensial dimiliki daerah ini.

"Bengkalis kaya akan potensi khususnya migas, sektor perkebunan, perikanan, kelautan, dan pariwisata yang prospektif dikembangkan," kata Bupati Bengkalis H. Herliyan Saleh, dalam keterangannya, di Pekanbaru, Minggu.

Besarnya potensi SDA yang dimiliki Bengkalis, maka pemerintah kabupaten itu terus menggencarkan promosi dalam berbagai kesempatan di antaranya melalui Apkasi International Trade And Investment Summit (AITIS) 2014 baru-baru ini.

Menurut dia, selain kaya potensi sumber daya alamnya, Bengkalis juga dianugerahi dengan posisi daerah yang cukup strategis, yakni terletak di tepi Selat Malaka.

Selain itu, Bengkalis berada pada kawasan segitiga pertumbuhan ekonomi Indonesia-Malaysia-Singapura, dan juga segitiga pertumbuhan ekonomi Indonesia-Malaysia-Thailand. Bengkalis sebagai jalur perdagangan internasional yang ramai.

"Potensi tata letak juga yang memotivasi Bengkalis untuk membangun citra daerah yang ramah terhadap investor," katanya.

Menurut Herliyan, untuk mempercepat pembangunan di Bengkalis, maka daerah ini membutuhkan bantuan dan dukungan investor.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut baik setiap investor yang berminat berinvestasi untuk memanfaatkan peluang dan potensi yang dimiliki daerah ini.

Sedangkan mekanisme investasi tidak dapat dipisahkan dengan proses perizinan. Oleh karena itu bagi investor akan diberikan kemudahan perizinan serta memperpendek rentang waktu pengurusan perizinan sehingga investor yang akan membuka usaha di daerah ini akan merasa nyaman dan berimbas positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga akan meningkatkan fasilitas pendukung bagi investor seperti infrastruktur jalan, jembatan, tenaga listrik dan sarana prasarana dasar lainnya," katanya.

Wilayah Kabupaten Bengkalis mencakup daratan bagian timur Pulau Sumatera dan wilayah kepulauan, dengan luas 7.793,93 km². Ibu kota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera. Pulau Bengkalis berada tepat di muara Sungai Siak, dan dikenal sebagai delta Sungai Siak. Kota terbesar di kabupaten ini adalah Duri di Kecamatan Mandau.

Penghasilan terbesar Kabupaten Bengkalis adalah minyak bumi yang menjadi sumber terbesar APBD bersama dengan gas. Kabupaten Bengkalis mempunyai letak yang sangat strategis, karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka.