Peserta pemilu di Riau belum manfaatkan fasilitas kampanye rapat umum yang dijadwalkan

id Kpu riau, pemilu 2024, #pemiluriau, #kpuriau

Peserta pemilu di Riau belum manfaatkan fasilitas kampanye rapat umum yang dijadwalkan

Komisioner KPU Riau, Nugroho Notosusanto, Pekanbaru. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Sejumlah peserta pemilihan umum di Provinsi Riau sejauh ini belum ada yang menggelar kegiatan kampanye rapat umum yang sudah dijadwalkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Padahal KPU Provinsi Riau sudah menetapkan jadwal kampanye rapat umum sejak 21 Januari 2024 lalu. Demikian juga halnya KPU kabupaten/kota yang sudah menentukan dan mengumumkan tempat untuk digelarnya kampanye rapat umum bahkan lebih awal.

"Belum ada yang menyampaikan rencana kampanye rapat umum peserta Pemilu 2024 ke KPU Riau," kata Komisioner KPU Riau Nugroho Notosusanto di Pekanbaru, Kamis.

ia mengatakan KPU Riau sudah menyosialisasikan kampanye rapat umum ini kepada peserta Pemilu 2024 kepada Bawaslu, pihak kepolisian untuk dikeluarkan STTP.

"Memang diakui kampanye rapat umum jadwalnya masih panjang akan dilaksanakan hingga 10 Februari mendatang," kata dia.

Namun ketika disinggung mengenai belum adanya peserta pemilu mendaftar untuk melakukan kampanye rapat umum, Nugi mengatakan hal ini masuk ranah wilayah peserta Pemilu 2024.

Sedangkan jadwal kampanye rapat umum di Provinsi Riau setelah dilakukan koordinasi dengan peserta pemilu dan forkompinda terkait. KPU kabupaten/kota juga telah menetapkan jadwal dan titik lokasi kampanye rapat umum pada 20 Januari 2024.

"Terdapat 1.272 titik lokasi pelaksanaan jadwal kampanye rapat umum yang tersebar sesuai zona di 12 kabupaten/kota di Riau.

"Kita sudah sosialisasikan ke peserta Pemilu. Ke Forkopinda juga sudah disampaikan. Apakah jadwal kampanye rapat umum akan digunakan atau tidak, semua dikembalikan kepada peserta Pemilu 2024," ujarnya.