SpaceX telah luncurkan satelit pertama dengan kemampuan langsung ke seluler

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,starlink

SpaceX telah luncurkan satelit pertama dengan kemampuan langsung ke seluler

Roket Falcon 9 meluncurkan 21 satelit Starlink generasi kedua dari Space Launch Complex 40 di Cape Canaveral Space Force Station, Florida, Amerika Serikat, Rabu (19/4/2023). (ANTARA/Xinhua/HO-SpaceX)

Jakarta (ANTARA) - Operator Seluler T-Mobile di Amerika Serikat mengumumkan pada Rabu (3/1) bahwa SpaceX telah meluncurkan roket Falcon 9 pada Selasa (2/1) dengan satu set pertama satelit Starlink yang dapat mengirimkan sinyal telepon dari luar angkasa langsung ke ponsel pintar.

Dikutip Reuters, Rabu (3/1), perusahaan operator nirkabel AS itu akan menggunakan satelit Starlink milik SpaceX, yang dimiliki oleh Elon Musk, untuk menyediakan akses jaringan kepada pengguna seluler di sebagian AS, seperti yang diumumkan oleh kedua perusahaan tersebut pada Agustus 2022.

Operator seluler nirkabel lainnya di seluruh dunia, termasuk KDDI Jepang, Optus Australia, One NZ Selandia Baru, dan Rogers Kanada, akan bekerja sama dengan SpaceX untuk meluncurkan teknologi langsung ke seluler.

Layanan langsung ke seluler pada awalnya akan dimulai dengan pesan teks, diikuti oleh kemampuan suara dan data dalam beberapa tahun mendatang, demikian dijelaskan oleh T-Mobile.

Roket Falcon 9 dari Space X, milik Elon Musk, adalah wahana yang digunakan untuk meluncurkan satelit Indonesia SATRIA-1 pada pertengahan 2023.

Baca juga: SpaceX kembali luncurkan 23 satelit internet Starlink tambahan ke orbit

Baca juga: Militer Jepang akan mengadopsi layanan satelit Starlink