Muhaimin Iskandar janji bentuk Desain Pangan Nasional saat kampanye ke Gresik

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Cak Imin

Muhaimin Iskandar janji bentuk Desain Pangan Nasional saat kampanye ke Gresik

Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar pada saat acara konsolidasi internal pemenangan AMIN di Batang, Kamis (16/11/2023). (ANTARA/Kutnadi)

Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar berjanji akan membentuk Desain Pangan Nasional untuk menjamin stabilitas harga pangan jika terpilih pada Pilpres 2024.

Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, mengemukakan hal itu ketika berkampanye di Pasar Menganti, Gresik, Jawa Timur, Jumat.

Saat mengunjungi pasar tersebut, Cak Imin berkeliling untuk berdialog dengan para pedagang, mulai dari pedagang busana, makanan, hingga pedagang sayuran.

Dikatakan pula bahwa harga-harga komoditas yang dijual oleh pedagang di pasar itu alami kenaikan.

"Jika pasangan AMIN terpilih, kami akan bentuk Desain Pangan Nasional agar harga-harga stabil dan semua kebutuhan terpenuhi," kata Cak Imin dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan bahwa rancangan pembentukan Desain Pangan Nasional bakal terintegrasi dengan revolusi di sektor agromaritim. Revolusi sektor agromaritim itu menjadi salah satu program serta visi dan misi pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

"Agronya seperti apa? Maritimnya seperti apa? Nah itulah yang harus didesain sebaik-baiknya karena hasil lautan dan daratan kita sama-sama bermutu dan sama-sama kaya," katanya.

Menurut dia, Pemerintah tidak boleh membiarkan kenaikan harga bahan pokok terus terjadi. Selain soal keterjangkauan harga bahan pokok, Pemerintah juga harus memperhatikan masalah kesejahteraan rakyat.

"Dompet rakyat harus terisi, belanjanya murah, dan punya tabungan," kata dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies Baswedan percaya Cak Imin bisa menyampaikan gagasan ketika debat nanti

Baca juga: Cawapres Muhaimin Iskandar komitmen kurangi kebutuhan impor pangan Indonesia