RAPP berikan bantuan alat kesehatan bagi 8 puskesmas di Siak

id RAPP berikan bantuan, alat kesehatan medis, puskesmas di Siak

RAPP berikan bantuan alat kesehatan bagi 8 puskesmas di Siak

Pemberian alat kesehatan oleh RAPP. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak, (ANTARA) - PT Andalan Pulp and Paper menyerahkan bantuan berupa 22 jenis alat kesehatan untuk 8 Puskesmas yang ada di Kabupaten Siak, sekaligus pelatihan penggunaan alat kesehatan secara simbolisdi halaman Puskesmas Kecamatan Siak, Rabu.

General Manager Stakeholder Relation PT RAPP Wan Jack mengatakan bersama dengan Kementerian Kesehatan, PT RAPP bekerjasama untuk meningkatkan kualitas Pelayanan Kesehatan. Melalui penguatan Kualitas dan Kapasitas Puskesmas sehingga dapat memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

"Oleh karena itu, untuk menekan resiko kematian dini, ibu bersalin dan bayi baru lahir serta deteksi dini risiko stunting PT RAPP berkomitmen untuk melengkapi alat kesehatan yang diperlukan, dan memastikan kelengkapan kapasitas medis serta memonitoring kegunaan serta melihat dampak dari ketersediaan alat tersebut," jelas Wan Jack.

Untuk mengoperasionalkan alat ini, Kementerian Kesehatan RI, telah verifikasi untuk memastikan standar dan kesesuaian alat kesehatan, dan diiringi dengan pelatihan.

Bupati Siak Alfedri mengapresiasi PT RAPP yang peduli terhadap dunia kesehatan dan turut serta dalam menekan angka stunting di wilayahnya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada manajemen RAPP yang turut membantu Pemkab dalam melengkapi fasilitas kesehatan,"kata dia.

Alfedri menyampaikan bantuan alat kesehatan ini sangat diperlukan Pemkab Siak, dalam rangka mendukung layanan terbaik kepada masyarakat di bidang kesehatan, guna menjamin kesehatan masyarakat Siak khususnya ibu dan anak.

Selain alat kesehatan, tambah Alfedri, sumber daya manusia (SDM) juga sangat mendukung untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan kepada masyarakat.

"Kalau alat sudah bagus tapi petugas atau SDM-ya kurang, sama aja tidak mendukung. Karena itu, di tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Siak mengangkat 500 orang tenaga kesehatan dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan di seluruh puskesmas dan rumah sakit tipe D di Siak," jelasnya.

Dengan adanya alat medis bantuan dari PT RAPP tersebut, Bupati Alfedri berharap pelayanan kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan terus meningkat.

"Saya berharap pelayan kita terus meningkat dan juga angka stunting di Kabupaten Siak bisa terus turun dan diantisipasi sejak dini. Saya ucapkan terima kasih kembali kepada PT RAPP atas bantuan alat medis ini," harap Alfedri.

Bantuan alkes berjumlah 22 jenis dengan total item 222 alat kesehatan, peruntukannya khususnya untuk Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) untuk 8 Puskesmas yakni Puskesmas Dayun, Puskesmas Sungai Apit, Puskesmas Mengkapan, Puskesmas Sungai Mandau, Puskesmas Kerinci Kanan, Puskesmas Lubuk Dalam, Puskesmas Siak dan Puskesmas Koto Gasib.

Puskesmas menjadi ujung tombak utama dari sistem kesehatan dalam menjangkau dan memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktorat Takelmas Kemenkes RI Chandra Rudyanto, Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI Syahrul Effendi, Direktorat Promkes & PM Kemenkes RI Heni Rudiyanti, Direktorat Promkes & PM Kemenkes RI Made Diah, Kadis Kesehatan Kabupaten Siak Benny Chairuddin, serta tamu undangan lainnya.