Rombongan dari UMRI lihat langsung Program DMPA PT Arara Abadi

id Berita hari ini, berita riau terbaru,berita riau antara,Arara Abadi

Rombongan dari UMRI lihat langsung Program DMPA PT Arara Abadi

33 orang rombongan UMRI lihat langsung Program DMPA PT Arara Abadi. (ANTARA/HO-PT Arara Abadi-APP)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 33 orang mahasiswa dan dosen/staf pengajar dari Dua Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melihat secara langsung masyarakat penerima Program DMPA (Desa Makmur Peduli Api) PT Arara Abadi yang merupakan salah satu unit usaha dari APP Group di Desa Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Perawang Kabupaten Siak, Rabu (13/12).

Rombongan UMRI dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Jayus, S.Ikom,.M.Si, serta Ketua Program Studi Humas M.Tajri,S.I.kom.MA dan Dosen Pengampu, Raja Widya NovchiS.I.Kom, M.Soc,Sc serta 29 mahasiswa dan dosen yang berasal dari Fakultas Ilmu Komunikasi dan 4 orang Mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer yang jumlah keseluruhannya sebanyak 33 orang.

Rombongan diterima Humas PT Arara Abadi-APP Nurul Huda, tim DMPA/CD-CSR (Community Development-Corporate Social Responsibilty), Kiswanto, Firdaus, Humas/Forest Protection PT Arara Abadi Distrik Rasau Kuning, Aep Mahmudin serta Penanggung Jawab BPPM (Balai Pelatihan Pengembangan Masyarakat) PT Arara Abadi, Dedi.

Rombongan langsung menemui salah satu Champion (Penerima) Program DMPA yaitu Barus dengan usaha berbagai tanaman holtikultura, sayur-sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan, serta Alex dengan usaha ternak sapi dan kompos.

Kepala Prodi Humas, Tajri, disela-sela kunjungan mengatakan mahasiswa sangat menyambut baik dan antusias melihat secara langsung bagaimana PR Perusahaan dan CD/CSR serta DMPA Perusahaan sudah bekerja dengan sangat baik.

Tajri menambahkan mahasiswa harus tahu dunia ril dan dunia praktis dari dunia PR (Public Relations/Humas), yang mana selama ini hanya mengetahui teorinya saja, maka pada di kesempatan itu mahasiswa UMRI melihat langsung bagaimana dunia PR PT Arara Abadi itu bekerja.

"Mahasiswa dan kami selama ini bicara CD/CSR di ruang kelas, tapi pada hari ini sudah melihat secara langsung, bahwa PT Arara Abadi telah mempraktikkan dan memberikan kontribusi kepada masyarakat atas isu-isu kepedulian perusahaan kepada masyarakat di sekitar operasionalnya," sebutnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI JayusS.IKom, M.Si di sela kunjungan menjelaskan Fakultas Ilmu Komunikasi sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh Dosen dan Ketua Program Studi untuk memadukan pola belajar dengan metode MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) yang dicanangkan pemerintah.

Bahwa pembelajaran tidak melulu dalam kelas, belajar juga dilakukan praktikum di lapangan, agar menguasai berbagai ilmu untuk bekal masuk ke dunia kerja.

Seperti yang kita lakukan hari ini, kita melihat langsung program DMPA dan CD/SCR dari PT Arara Abadi-APP dengan berbagai klasifikasi masyarakat di sekitar areal perusahaan dan dibina sesuai dengan kesesuaiannya, ada petani, peternak sapi, peternak lebah dan lainnya, yang mana selama ini mahasiswa atau masyarakat hanya membaca melalui media tentang kegiatan perusahaan.

"Maka pada hari ini, cerita di media itu ada buktinya dan mereka saksikan sendiri, ada petani, ada peternak dan ada petambak ikan yang dibina oleh PT Arara Abadi.

Ke depannya kami harapkan adanya kerjasama Magang MBKM antara UMRI dengan PT Arara Abadi yang tertuang dalam MOU (Memorandum of Understanding) dengan Universitas dan MOA (Memorandum of Agreement) dengan Fakultas," katanya.

Sementara itu, Humas dan Forest Protection PT Arara Abadi Distrik Rasau Kuning Aep Mahmudin mengatakan PT. Arara Abadi menyambut baik kunjungan dari sivitas akademika UMRI, baik dari unsur pimpinan, dosen dan juga mahasiswanya.

"Kita persilahkan para Dosen dan Mahasiswa UMRI untuk melihat dan membuktikan secara langsung tanpa rekayasa serta bertanya kepada masyarakat, apa saja yang telah dilakukan oleh PT Arara Abadi terhadap masyarakat di sekitar operasional perusahaan.

Mungkin bisa jadi selama ini para mahasiswa mendapat isu-isu yang negatiftentang perusahaan terhadap masyarakat dan pengelolaan lingkungannya, namun pada hari ini mahasiswa serta para dosen, Pak Dekan juga dapat menyaksikan sendiri bagaimana perusahaan beroperasisesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di negara kita", apakah itu CD/CSR maupun program DMPA yang merupakan salah satu program dari perusahaan kita dalam pencegahan karhutla sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan," katanya.

Salah satu peserta Dewi Susanti yang merupakan mahasiswa semester V menyampaikan sebagai mahasiswa humas, kunjungan ke PT Arara Abadi ini akan lebih berguna dan mendapatkan pengalaman langsung untuk melengkapi teori-teori yang telah didapat selama ini dari kampus.

"Karena kita akan lebih banyak tahu lagi, dan yang dilakukan oleh UMRI ini khususnya Prodi Humas, sangat baik karena mahasiswa bisa mengetahui apa yang telah dilakukan oleh perusahaan terhadap masyarakat binaannya," tambahnya.