Statistik Grand Prix Sao Paulo di Interlagos, Brazil

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Balap

Statistik Grand Prix Sao Paulo di Interlagos, Brazil

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton melakukan selebrasi dengan mengibarkan bendera Brasil setelah memenangi Grand Prix Sao Paulo, Autodromo Jose Carlos Pace, Interlagos. (14/11/2021) (AFP/NELSON ALMEIDA)

Jakarta (ANTARA) - Masih berada di daratan Amerika Latin, putaran ke-21 dari Formula 1 musim ini akan beralih ke Sirkuit Interlagos, Brazil, untuk Grand Prix Sao Paulo, yang bergulir mulai Jumat (3/11) hingga Minggu (5/11).

Interlagos, menjadi tuan rumah untuk Formula 1 pertama kali pada tahun 1973. Sirkuit ini memiliki nama lain yakni Sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace, yang dinamai atas pembalap Brazil, Jose Carlos Pace, yang pernah memenangkan Formula 1 pada 1975 dan meninggal dunia dua tahun setelahnya.

Selain terkenal dengan tikungan-tikungannya yang menantang, sirkuit ini juga populer karena para penggemar di Brazil yang sangat antusias dengan balap mobil. Lewis Hamilton merupakan salah satu pembalap paling populer di kalangan penggemar di Brazil karena kemenangan bersejarahnya di tahun 2016, 2018 dan 2021. Selain itu, para penggemar Brazil juga menganggap Hamilton sebagai seorang pembalap yang menginspirasi banyak orang, mengingat ia merupakan satu-satunya pembalap berkulit hitam di grid.

Sirkuit Interlagos

Panjang lintasan: 4,309 km

Jarak balapan: 71 putaran atau 305,879 km

Pemenang GP Sao Paulo 2022: George Russell (Mercedes)

Pole position 2022: George Russell (Mercedes)

Rekor putaran (lap record): Valtteri Bottas (2018)

Meskipun gelar juara dunia dan konstruktor tahun ini telah diamankan oleh Max Verstappen dan Red Bull, masih ada beberapa hal menarik yang dapat terjadi di GP Sao Paulo kali ini.

Jika Hamilton berhasil merebut pole di GP Sao Paulo, maka itu merupakan pole ke-105 sepanjang kariernya. Tahun ini, Hamilton merebut pole di GP Hungaria saja. Sementara Verstappen telah mengoleksi 10 pole sepanjang tahun ini.

Di sisi lain, Verstappen telah memenangkan 16 dari 19 balapan dan meraih 51 kemenangan dari 181 start, menempatkannya di urutan keempat dalam daftar sepanjang masa bersama legenda Prancis Alain Prost.

Baca juga: Jorge Martin berhasil raih pole position di MotoGP Thailand 2023

Baca juga: Luca Marini berhasil raih pole perdana MotoGP di Mandalika