KIA ungkap mobil konsep listrik SUV dan sedan baru, siap meluncur pada 2024

id Berita hari ini, berita iau antara, berita riau terbaru, otomotif

KIA ungkap mobil konsep listrik SUV dan sedan baru, siap meluncur pada 2024

Mobil listrik Kia EV5 (tengah) (ANTARA/Kia.com)

Jakarta (ANTARA) - Produsen mobil terbesar kedua di Korea Selatan Kia Corp. mengungkapkan dua unit electric vehicle (EV/kendaraan listrik) konsep yang baru dengan tujuan meluncurkan model SUV menengah dan sedan pada tahun 2024.

Pada acara pers Kia EV Day 2023 yang diadakan di Yeoju, 62 kilometer tenggara dari Seoul, Korea Selatan, Kia pertama kali mengungkapkan model konsep SUV EV3 dan sedan EV4, seperti disiarkan Yonhap, Kamis (12/10).

Pada Agustus, di pameran Industri Otomotif Internasional Chengdu 2023, Kia untuk pertama kali pertama kali memperkenalkan model SUV EV5 kepada pers Korea Selatan.

Kia EV3 dan EV4 masing-masing dijadwalkan akan diluncurkan di pasar Korea Selatan pada paruh pertama dan kedua tahun 2024. Perusahaan tersebut berencana untuk merilis EV5 pada paruh pertama tahun 2025.

Model-model itu merupakan tambahan terbaru dari jajaran EV Kia yang saat ini terdiri dari EV6 dan EV9.

EV3 mencerminkan filosofi desain Kia, yang ditandai dengan bodinya yang berisi dan bahasa desain mobil listrik baru Kia. Unit konsep itu dilengkapi dengan Kia's Star-map Signature Lighting dan lampu depan vertikal.

Sementara itu, EV4 dilengkapi dengan kap depan yang lebar yang berkontur lembut untuk menciptakan kesan futuristik. Rangka belakang dan kaca kendaraan itu membentang hingga ujung bagasi, menciptakan siluet rendah dan mencolok.

EV5, yang dilengkapi dengan platform EV milik Hyundai Motor Group yang disebut E-GMP, akan diproduksi baik di Korea Selatan maupun di China. Unit di China akan diproduksi dalam tiga varian berdasarkan kapasitas penggerak roda.

Perusahaan tersebut mengatakan model-model itu akan dijual dengan harga antara 35.000 hingga 50.000 dolar Amerika Serikat (sekitar Rp550 juta hingga Rp785 juta) untuk membantu mempopulerkan pasar kendaraan listrik.

Baca juga: Wuling Motors perluas cakupan diler di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta

Baca juga: New Honda City meluncur, kini tampil lebih stylish dilengkapi teknologi sensing