Sekolah Mutiara Harapan RAPP terima kunjungan Raffles Institution Singapore

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, RAPP

Sekolah Mutiara Harapan RAPP terima kunjungan Raffles Institution Singapore

Siswa pertukaran pelajar dari Sekolah Mutiara Harapan dan Raffles Institution mengunjungi RGE Exhibition Center milik APRIL Group di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau (ANTARA/HO-RAPP)

Pangkalan Kerinci (ANTARA) - Sekolah Mutiara Harapan (SMH) yang merupakan sekolah binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menjadi tuan rumah dalam Program Pertukaran Pelajar (student exchange) dengan sekolah mitra resminya, Raffles Institution (RI) dari Singapura pada 18 - 22 September 2023 di Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau.

Tujuan dari program ini adalah untuk saling mengenal budaya masing-masing dan bekerja sama dalam sebuah proyek potensial yang akan bermanfaat bagi masyarakat. Sebanyak 18 peserta dari Raffles Institution mengikuti acara ini, 16 di antaranya (Kelas 4/Tingkat 10) adalah siswa, dan dua di antaranya adalah guru pendamping.

Peserta Pertukaran Pelajar dari Raffles Institution mengikuti berbagai kegiatan bermanfaat selama kunjungan mereka ke RAPP Kompleks RAPP, seperti mengunjungi Pusat Teknologi RGE (RGE Exhibition Center, mengunjungi Pelalawan Estate untuk mempelajari bagaimana sebuah perusahaan yang bergerak di industri kehutanan melakukan penanaman dan proses pemanenan secara berkelanjutan. Peserta pertukaran pelajar dari Raffles Institution juga mengikuti pelayanan masyarakat dengan menyelenggarakan kegiatan berbahsa inggris bersama siswa sekolah dasar kelas 4, 5 dan 6 di Pelalawan Estate.

Selain itu, peserta juga mendapat kesempatan menarik untuk belajar membuat produk khas Indonesia seperti tanjak dan batik. Mereka jugamempelajari keterampilan tradisional dari Indonesia, seperti memainkan alat musik angklung dan menampilkan tarian Tari Saman dan Tor Tor, yang merupakan tari tradisional dari Aceh dan Sumatra Utara.

Program ini diakhiri dengan pesta perpisahan yang dihadiri oleh peserta dari kedua sekolah SMH dan RI serta orangtua SMH yang anak-anaknya bertindak sebagai pendamping bagi siswa-siswa dari Raffles. Peserta dari kedua sekolah memamerkan bakat menampilkan pertunjukan yang penuh warna mereka, mulai dari menyanyi hingga menari. Acara ini juga dihadiri oleh Jansen, anggota Dewan Sekolah SMH, Lei Suang, kepala sekolah.

“Semoga hubungan baik dengan Raffles Institution bisa terus terjalin dan semakin banyak program-program yang signifikan bisa terlaksana antara SMH dan RI Singapura di masa depan” ucap Lei Suang.

Peserta program pertukaran pelajar dari SMH dan Raffles Institution menganggap program pertukaran ini sebagai pengalaman yang sangat bermakna. Salah satu guru menyatakan bahwa acara ini adalah pengalaman belajar yang paling menarik dan menambah wawasan bagi mereka, sementara siswa-siswa menyebut bahwa kesempatan ini memungkinkan mereka untuk keluar dari zona nyaman, bertemu teman-teman baru dari budaya yang berbeda, dan memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang Indonesia dan dunia yang lebih luas di sekitar mereka.