Sandiaga nilai KAWS:Holiday Indonesia di Candi Prambanan tarik kunjungan wisata

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Kaws

Sandiaga nilai KAWS:Holiday Indonesia di Candi Prambanan tarik kunjungan wisata

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau pameran "KAWS:Holiday Indonesia" di Candi Prambanan, Yogyakarta. (ANTARA/HO-Kemenparekraf/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai pameran "KAWS:Holiday Indonesia" yang menghadirkan patung KAWS sepanjang 45 meter dan tinggi 15 meter dengan latar Candi Prambanan mampu menarik kunjungan wisata ke kawasan itu.

"Saya yakin ini menjadi daya tarik yang kuat dan bisa menarik minat kunjungan wisatawan," ujar Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu.

Menparekraf juga mengapresiasi pemilihan Candi Prambanan sebagai salah satu lokasi pameran dalam rangkaian KAWS di dunia.

"Ini adalah lokasi ke-10 dari 10 negara yang disambangi KAWS dalam tur dunianya. Dan ini super epik karena satu-satunya KAWS dipamerkan di lokasi situs warisan dunia UNESCO," ujarnya.

Sandiaga yakin pameran yang merupakan perpaduan antara karya seni kontemporer dunia dengan keindahan dan kemegahan Candi Prambanan semakin memikat wisatawan, serta akan menjadi promosi yang efektif terhadap Candi Prambanan ke mata dunia.

“Apalagi bila karya seni ini dilihat sore hari menjelang matahari terbenam, pendaran lembayung senja akan menjadi latar belakang yang indah dengan kemegahan Candi Prambanan,” ujarnya lagi.

Diberitakan sebelumnya, karya seni kontemporer seniman dunia Brian Donnelly atau KAWS hadir di pelataran Candi Brahma di Komplek Candi Prambanan selama dua minggu penuh, 9-31 Agustus 2023 dan dapat dinikmati langsung oleh pengunjung destinasi wisata Candi Prambanan.

"Saya merasa terhormat dengan dipajangnya patung karya saya di Indonesia, di mana karya ini dapat dinikmati oleh publik dan menjadi bagian dari lanskap budaya yang dinamis di negara ini," kata Brian Donnelly (KAWS).

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno apresiasi buku "Crossing The Wall" angkat seniman mural

Baca juga: Sandiaga Uno optimistis tahun ini kunjungan wisatawan mancanegara capai 10 juta