Stok elpiji 3kg aman di Riau, tidak ada pengurangan quota

id elpiji riau,diriauaaja

Stok elpiji 3kg aman di Riau, tidak ada pengurangan quota

Petugas memeriksa tabung gas elpiji 3 kilogram yang akan didistribusikan di Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) Sadikun LPG 3 Kg di Denpasar, Bali. (ANTARA/Fikri Yusuf)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi RiauEva Refitamengatakan stok elpiji 3 kg di Provinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru aman dan mencukupi untuk saat ini sehingga tidak ada terjadi kelangkaan seperti yang menimpa provinsi lainnya di Jawa dan Sumatera.

Eva Refita bahkan memastikan tidak ada laporan kelangkaan gas elpiji bersubsidi 3 kg di Riau termasuk di Kota Pekanbaru. Sebab kuota gas elpiji 3 kg di Riau tidak ada pengurangan dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Pertamina terkait pasokan gas elpiji di Kota Pekanbaru. Hal ini dilakukan agar kebutuhan gas elpiji bersubsidi di Pekanbaru bisa tercukupi," kata Evadi Pekanbaru, Seni..

Eva menegaskan, hasil koordinasi yang pihaknya lakukan kepada pihak Pertamina, dipastikan tidak ada kelangkaan gas elpiji 3kg di Riau termasuk di Pekanbaru. Pihaknya juga memastikan bahwa kuota dan pasokan gas elpiji 3 kg untuk Riau tidak ada pengurangan.

"Saya sudah hubungi GM Pertamina Patra Niaga, tidak ada isu kelangkaan gas elpiji 3 kg di Pekanbaru. Hari ini sudah didistribusikan 20 ribu tabung gas elpiji 3 kg di Pekanbaru," katanya.

Hal ini ditegaskan Eva menyikapi adanya isu yang beredar di tengah masyarakat, khususnya di Kota Pekanbaru soal kelangkaan gas elpiji 3 kg.

Eva mengungkapkan, jika gas bersubsidi tersebut sulit ditemukan di beberapa locus saja, itu belum dikatakan sebuah kelangkaan. Bisa saja kondisi tersebut akibat adanya keterlambatan pasokan dari tingkat agen ke pangkalan.

"Kalau tidak ditemukan di satu atau dua locus saja itu belum langka namanya, tapi kalau sudah lebih dari lima locus, itu baru bisa dikatakan langka," ujarnya.

Sebab kata Eva, untuk pasokan gas elpiji 3 kg di Riau tidak ada pengurangan. Bahkan kebutuhannya tidak dibatasi. Sehingga pihaknya masih mempertanyakan adanya isu - isu soal kelangkaan tersebut.

"Kuota elipji 3 kg kita itu tidak ada pengurangan dan kuota nya sudah disesuaikan dengan kebutuhan, setiap bulan kan rapat membahas kuota dan kebutuhan solar serta gas elpiji 3 kg ini," kata Eva.