Festival Indonesia Pesta Anak Bangsa hadirkan produk lokal yang berkualitas

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara

Festival Indonesia Pesta Anak Bangsa hadirkan produk lokal yang berkualitas

Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Bima Laga (kiri) bersama sejumlah perwakilan dari Kementerian, lembaga, dan pihak swasta membuka gelaran Festival Indonesia "Pesta Anak Bangsa" di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/7/2023) (ANTARA/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Festival Indonesia "Pesta Anak Bangsa" resmi dibuka, menghadirkan lebih dari 170 pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) lokal yang memiliki produk-produk berkualitas.

Festival yang digelar pada 8-9 Juli 2023 di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta tersebut diinisiasi oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) bekerja sama dengan pemerintah dan pihak swasta.

"Festival ini adalah untuk memperkenalkan produk-produk lokal yang memang pilihan sehingga bisa dikenal lebih luas di masyarakat pada umumnya," ujar Ketua Umum idEA Bima Laga dalam pembukaan acara tersebut di Jakarta, Sabtu.

Festival Indonesia Pesta Anak Bangsa merupakan bentuk aksi nyata Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020.

Gerakan ini merupakan program penyelamatan ekonomi nasional dengan menyasar pelaku usaha lokal, terutama para pelaku UMKM saat pandemi COVID-19.

Bima menilai saat ini Gernas BBI juga efektif mendorong para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya di platform digital. Hingga Maret 2023, kata dia, sudah 22 juta UMKM yang tercatat on boarding masuk ke ekosistem digital.

Seiring dengan makin banyaknya pelaku UMKM yang merasakan manfaat dari Gernas BBI, kata dia, Festival Indonesia "Pesta Anak Bangsa" pun dihelat untuk semakin memperkenalkan produk-produk UMKM berkualitas karya anak bangsa.

"Saat ini, kita memasuki era endemi di mana masyarakat ingin melihat produknya tidak hanya di online tapi juga di offline. Maka dari itu idEA bersama dengan kementerian dan pihak swasta mengadakan Festival Indonesia 'Pesta Anak Bangsa'," kata Bima.

Suasana gelaran Festival Indonesia "Pesta Anak Bangsa" di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/7/2023) (ANTARA/Fathur Rochman)

Sementara itu, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muhammad Neil El Himam mengapresiasi atas terselenggaranya festival tersebut.

Dia menilai kegiatan tersebut menjadi bentuk selebrasi dan komitmen nyata Gernas BBI dan idEA untuk mendukung kemajuan UMKM Tanah Air.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses, mari rayakan Festival Indonesia 'Pesta Anak Bangsa' ini dengan hadir di sini dan belanja produk-produk karya anak bangsa sendiri,' ucap dia.

Festival Indonesia "Pesta Anak Bangsa" mengusung konsep One stop Business, Shopping and Entertainment. Festival ini menghadirkan beragam produk UMKM, mulai dari produk fesyen, kerajinan tangan, hingga kuliner.

Selain itu, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan musik, turnamen gim, serta panggung budaya. Sebanyak 50 ribu orang ditargetkan mengunjungi festival yang digelar selama dua hari tersebut.

Baca juga: Digelar Festval Seni Pasir di Bekas Tambang Mengenang Salim Kancil