Daftar pemilih tetap di Pekanbaru ada 771.497 orang

id KPU Kota Pekanbaru

Daftar pemilih tetap di Pekanbaru ada 771.497 orang

Ilustrasi Pemilu 2024. (ANTARA/

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru Anton Mercyanto mengatakan berdasarkan rapat pleno KPU Pekanbaru menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024 sebanyak 771.497 pemilih.

"Dari 771.497 DPT itu tercatat jumlah pemilih perempuan 391.282 dan laki-laki 380.215 pemilih. Mereka tersebar di 2.756 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh kecamatan di Pekanbaru," kata Anton kepada media di Pekanbaru, Sabtu kemarin.

Ia mengatakan DPT yang ditetapkan menjadi daftar pemilih Pemilu yang tetap dan berkualitas. Sebab berdasarkan rumus yaitu 70 persen dari jumlah penduduk merupakan daftar pemilih maka DPT yang disahkan sudah mendekati angka ideal.

Semoga kata Anton kualitas DPT cukup baik, sehingga bisa mendukung pelaksanaan tahapan Pemilu selanjutnya.

"Setelah DPT ditetapkan maka tahapan selanjutnya yakni menyusun daftar pemilih tambahan atau DPTb, jika masih ada penduduk yang baru pindah ke Pekanbaru," tuturnya.

Bagi penduduk yang pindah maka mereka masuk ke daftar pemilih tambahan sementara tetap menunggu dan melihat barangkali ada kebijakan yang lain ini disesuaikan dengan situasi.

Tetapi dari proses dan rumusan katanya angka sudah masuk, kalau ada pergerakan data, tidak terlalu signifikan dan itu masuk dalam DPTb.

Baca juga: DPT Pemilu 2024 di Meranti ditetapkan sebanyak 151.753 pemilih