Kanwil Kemenag Riau berupaya tingkatkan kompetensi remaja membaca Al-Quran

id Kemenag Riau

Kanwil Kemenag Riau berupaya tingkatkan kompetensi remaja membaca Al-Quran

Kepala Kanwil Kemenag Riau Mahyudin. dok, Antara.

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Riau Mahyuddin mengatakan pihaknya bersama Pemprov Riau berupaya meningkatkan kompetensi dan wawasan keilmuan remaja pada bidang seni baca Al-Qur’an melalui lomba atau Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ).

"Melalui MTQ kita berharap dapat memunculkan potensi, minat, dan bakat, menuju generasi muda Riau yang Qur'ani, unggul, cerdas, agamis dan ber-akhlakul karimah," kata Mahyudin dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu.

Mahyudin mengatakan MTQ dimulai pada tingkat kecamatan, kabupaten/kota, serta tingkat provinsi, menjadi ajang potensial menyiapkan kafilah-kafilah yang terbaik dari tiap daerah di Riau untuk ikut dalam MTQ di tingkat yang lebih tinggi.

Pihaknya juga mendorong generasi muda dan remaja masjid untuk melakukan terobosan baru dalam upaya menumbuhkan minat dan memotivasi mencintai Al-Qur'an.

Ia menekankan MTQ bukan sekedar kegiatan rutin tahunan untuk mempertunjukkan dan mempertandingkan seni baca Al-Qur’an atau sebagai ajang kompetisi untuk meraih juara, namun untuk lebih mendekatkan umat kepada kitab suci Al-Qur'an.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan pihaknya mendukung generasi qurani tersebut, antara lain mempersiapkan Quran Center yang bernama Majelis Quran Riau (Maqari).

"Majelis Alquran ini perlu disosialisasikan ke masyarakat dan kini sudah muncul bibit-bibit yang gemar membaca Al-Qur'an, terutama yang para hafiz dan hafizah adalah anak-anak Riau. Untuk itu Pemprov Riau mendukung penyediaan bantuan keuangan ke setiap desa-desa untuk para guru tahfiz," kataSyamsuar.