PT Arara Abadi kembali laksanakan latgab Helitack Crew

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Arara Abadi

PT Arara Abadi kembali laksanakan latgab Helitack Crew

PT Arara Abadi saat latihan gabungan Helitack Crew. (ANTARA/HO-Sinar Mas)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Arara Abadi sebagai salah satu unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Region Riau, selama dua hari, 18-19 Maret kembali melaksanakan Latgab (Latihan Gabungan) Helitack Crew untuk pencegahan dan penanggulangan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di Riau yang diikuti sebanyak 42 orang peserta terdiri dari BPBD Riau dan Siak, Manggala Agni Wilyah Riau dan Siak, Tim Reaksi Cepat (TRC) PT Arara Abadi- APP Sinar Mas serta unsur TNI/Polri yaitu dari Kodim/0322 Siak dan Polres Siak

Latihan tersebut dilaksanakan PT. Arara Abadi demi mengantisipasi musim kering dan prediksi BMKG yang menyatakan bahwa tahun ini wilayah Indonesia akan mengalami El Nino yang menyebabkan kekeringan di sebagian besar wilayah Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Riau, di Triwulan pertama Tahun 2023 ini,

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Bunut Desa Pinang Sebatang Kecamatan Tualang-Perawang dengan melibatkan dua helicopter Water Bombing Milik PT Arara Abadi-Sinar Mas, Jenis Bell 412 dan Jenis Superpuma untuk kedua kalinya dalam 2 tahun berturut turut sejak tahun 2022 lalu.

Selain 42 orang peserta dan Instruktur para pilot helicopter PT Arara Abadi juga dihadiri dan ditinjau langsung oleh Kapolres Siak, AKBP Ronald Sumaja,Wakapolres Siak Kompol Angga Wahyu Prihantoro, Kabagops Polres Siak Kompol Nardy Marbun, Kasat BinmasAKP Yusirwan, dan juga Kepala BPBD Siak yang diwakili oleh Kabid KL Sapriwal Milis, SP, dan FOM Head PT Arara Abadi Priyo S Utomo, dan Public Relations PT Arara Abadi-APP Sinar Mas Nurul Huda.

Dalam kesempatan tersebut Kabagops Polres Siak, Kompol Nardy Marbun, SH, menyampaikan bahwa kejadian karhutla selama ini di Riau bukan saja sudah menjadi isu lokal maupun nasional, namun telah menjadi perhatian dunia Internasional,

“Karhutla yang selama ini terjadi di Provinsi Riau, tidak hanya sudah menjadi isu lokal dan nasional, akan tetapi sudah menjadi isu dan perhatian dunia internasional, oleh sebab itu menjadi kewajiban kita semua untuk selalu siap siaga mengantisipasi dan menanggulangi karhutla agar tidak terjadi secara meluas, maka kita berharap sangat diperlukan kerjasama semua pihak untuk melakukan pencegahan dan penanganan karhutla di Riau terutama di kabupaten Siak,” ucapnya.

Sementara itu FOM Head PT. Arara Abadi Priyo S. Utomo didampingi Penanggung Jawab Kegiatan, Decha A.F.Hane kepada media mengatakan kegiatan Latgab ini merupakan bentuk tanggung jawab dan partisipasi perusahaan terhadap penetapan Status Siaga Karhutla yang telah ditetapkan oleh Gubernur RiauSyamsuar pada15 Februari 2023.

Yang mana PT Arara Abadi-APP Sinar Mas yang juga merupakan bagian dari komponen Satgas Karhutla Provinsi Riau, selama ini selalu berperan aktif dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah di Riau dan Komponen masyarakat lainnya, baik dalam pencegahan maupun dalam penanganan atau penanggulangan karhutla", ucapnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan sinergitas antar lembaga guna menghadapi musim kemarau yang sudah di depan mata sebagaimana informasi dan prediksi BMKG yang menyatakan bahwa tahun ini wilayah Indonesia akan mengalami El Nino yang menyebabkan kekeringan di sebagian besar wilayah Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Riau, katanya lebih lanjut.

"Harapan kami dengan diadakan latihan gabungan ini, seluruh personil akan siap di turunkan kapan saja dalam menghadapi kemungkinan terburuk terjadinya Karhutla", sebutnya.

Salah satu peserta Latgab Helitack Crew, Babinkamtibmas Polsek Dayun Kampung Dayun Bandar Seminai Polres Siak Aipda R. Nainggolan,SH., kepada media menyampaikan. “Jika saya boleh berkata jujur, kegiatan yang dilaksanakan PT Aara Abadi ini sangat luar biasa, karena tidak pernah kita dapati (helitack crew) seperti ini sebelumnya dan mungkin untuk hari kedua yaitu simulasi akan mirip dengan di lapangan,

Dan sebagai Babinkamtibmas daerah Kampung Dayun Bandar Seminar, sebutnya, selama ini daerah rawan karhutla, namun sejak pertengahan 2019 sampai saat ini karhutla di Kampung Dayun Bandar sudah sangat jauh berkurang, dengan kata lain selain kita mendengar dan mendapat arahan dari pimpinan, kita juga berkolaborasi dengan tiga pilar yaitu: TNI/Polri dan Penghulu untuk melakukan sosialisasi pencegahan karhutla kepada masyarakat dan sekolah-sekolah.

"Harapan kita, kita dari Babinkabtibmas agar dibekali moduls atau maklumat seperti brosur, spanduk dan sinergitas seluruh komponen dan berbagai stakeholders yang ada di wilayah kita”, harapnya.

Baca juga: Kisah Alex, petani terintegrasi di tengah maraknya sawit

Baca juga: APP Sinar Mas siap siaga hadapi Karhutla