China akan pangkas harga eceran BBM jenis bensin dan solar

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, BBM

China akan pangkas harga eceran BBM jenis bensin dan solar

Seorang petugas di China sedang mengisi bahan bakar. China akan memangkas harga eceran bensin dan solar mulai Sabtu (18/3) berdasarkan perubahan harga minyak internasional baru-baru ini, demikian diungkapkan badan perencana ekonomi tertinggi negara itu pada Jumat (17/3/2023) (Xinhua)

Beijing (ANTARA) - China akan memangkas harga eceran bensin dan solar mulai Sabtu (18/3) berdasarkan perubahan harga minyak internasional baru-baru ini, demikian diungkapkan badan perencana ekonomi tertinggi negara itu pada Jumat (17/3).

Harga bensin dan solar akan diturunkan sebesar masing-masing 100 yuan (1 yuan = Rp2.233) per ton dan 95 yuan per ton, kata Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China.

Berdasarkan mekanisme penetapan harga China saat ini, harga produk minyak sulingan disesuaikan dengan perubahan harga minyak mentah dunia.

Tiga perusahaan minyak terbesar China, yaitu China National Petroleum Corporation, China Petrochemical Corporation, dan China National Offshore Oil Corporation, serta kilang-kilang minyak negara itu telah diarahkan agar menjaga produksi minyak dan memfasilitasi pengangkutan guna menjamin pasokan yang stabil, kata komisi tersebut, demikian Xinhua.

Baca juga: Pertamina pastikan stok dan distribusi BBM dalam kondisi aman di Jawa bagian Barat

Baca juga: Kolinlamil siapkan lokasi pengungsian bagi korban kebakaran Depo BBM Plumpang