Danlanud Roesmin Nurjadin "ngedrift" di Pesta Rakyat

id lanud Roesmin Nurjadin,Danlanud Roesmin Nurjadin,Danlanud Roesmin Nurjadin melayang dalam ketangkasan,melayang dalam ket

Danlanud Roesmin Nurjadin "ngedrift" di Pesta Rakyat

Suasana drifting dan hiburan paralayang dalam rangka Pesta Rakyat dan Otomotif Riau di Lanid Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Sabtu (29/30/22). (ANTARA/Riski Maruto)

Pekanbaru (ANTARA) - Komandan Lanud (Danlanud) Roesmin Nurjadin Marsekal Utama TNI Ian Fuady terlibat dalam aksi melayang (nge-drifting) dengan berada disamping pengemudi untuk merasakan sensasi melayang dalam ketangkasan mengemudi.

"Ini luar biasa tidak boleh dilakukan disembarang tempat dan harus orang-orang terlatih, pokoknya keren deh," ujar Danlanud Ian Fuady usai menikmati drifting di Shelter Charlie Lanud Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Sabtu.

Aksi tersebut dilakukannya dalam agenda Open Base Lanud Roesmin Nurjadin dan Pesta Rakyat dirangkai dengan berbagai kegiatan aktraktif, edukatif, dan perlombaan yang dapat dikuti oleh masyarakat umum untuk memeriahkan HUT ke-77 TNI.

Ia mengatakan, berbagai venue maupun stand yang menampilkan static show, dynamic show, dan berbagai perlombaan lainnya, termasuk cabang olahraga otomotif drifting mobil ditampilkan di kegiatan itu.

Sedangkan Open Base Lanud Roesmin, katanya menyebutkan, dibuka untuk masyarakat umum, untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa memasuki areal Lanud Roesmin Nurjadin.

"Dengan demikian masyarakat akan menjadi lebih dekat kepada TNI Angkatan Udara," katanya.

Rizal selaku pegiat otomotif Rumah Drift Pekanbaru, mengaku senang dan bangga Danlanud bisa berada di sampingnya saat melakukan drifting.

Dijelaskan Rizal, olahraga otomotif mobil drifting di Kota Pekanbaru sudah mulai berkembang. Namun, cabang olahraga yang memperlombakan pemakaian teknik mengatur pengereman dan ketangkasan mengemudi itu, masih sangat minim sekali digelar di Bumi Lancang Kuning.

"Kami tentunya sangat menyambut baik sekali adanya kegiatan seperti ini. Karena di Pekanbaru keberadaan olahraga drift sudah mulai berkembang, tapi Riau masih dinilai tertinggal dari Pulau Jawa,” katanya.

Rizal berharap melalui kegiatan hari ini dapat menggerakkan pihak pemerintah maupun swasta agar bisa memberikan perhatian lebih terhadap keberadaan olahraga-olahraga yang berkaitan dengan balap mobil.

"Harapan saya tentu saja kegiatan seperti ini perlu dukungan lebih dari pihak pemerintah daerah maupun pihak swasta. Karena seperti yang kita lihat hari ini, antusias masyarakat cukup tinggi sehingga nanti yang mempunyai hobi serupa bisa menyalurkan bakat mereka di tempat yang sudah disediakan,” harapnya.