Kebaya bikin penampilan lebih elegan, kata Andy /rif

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,kebaya

Kebaya bikin penampilan lebih elegan, kata Andy /rif

Penyanyi Restu Triandy atau Andy /RIF (kanan) bernyanyi saat mengiringi Pagelaran Busana 'Kebaja Saja' di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta, Selasa (30/8/2022). (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Jakarta (ANTARA) - Sebagai bagian dari kaum Adam yang mengaku berpakaian lebih simpel, penyanyi Andy /rif yang bernama lengkap Restu Triandy mengagumi keindahan busana tradisional kebaya yang membuat pemakainya jadi lebih elegan.

"Perempuan berkebaya itu indah dengan konde, sanggul atau gelung kalau dalam bahasa Sunda, juga balutan kain, saya mengaguminya," kata Andy kepada ANTARA usai pembukaan pameran foto "Kebaja Saja" di Galeri Foto Jurnalistik Antara, Pasar Baru, Jakarta, Selasa (30/8) malam.

"Seorang perempuan nampak lain setelah dibalut kebaya, lebih elegan," lanjut Andy yang mengenakan kemeja, rompi dan topi putih.

Andy bernyanyi bersama band mengiringi peragaan busana kebaya bernuansa merah dan putih, modelnya adalah 17 perempuan lintas profesi seperti Shahnaz Haque, Lola Amaria, Sundari Soekotjo hingga Menteri Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Butuh waktu dan usaha untuk mengenakan kebaya dan segala pernak-perniknya yang cantik, lengkap dengan tampilan sanggul tradisional. Kebaya juga terdiri dari berbagai jenis dan butuh pengetahuan detail dalam memadukan kebaya, kain serta aksesoris pelengkap. Sebagai contoh, kebaya Bali dan kebaya Jawa memakai selendang dengan cara berbeda. Proses yang dijalani oleh kaum Hawa ini diacungi jempol oleh Andy.

"Sebagai laki-laki yang hanya simpel pakaiannya, saya salut dan bangga," kata vokalis 53 tahun itu.

Kebaya memang identik sebagai busana perempuan, tapi rupanya Andy pernah memiliki ide untuk memakai kebaya milik sang istri sebagai kostum manggung. Kebaya tersebut dia padukan dengan celana kulit. Penampilannya yang unik menuai pujian, kenang dia.

"Waktu itu masih kurus jadi muat, ternyata keren juga saya padukan dengan celana kulit. Mereka enggak sadar yang saya pakai itu kebaya. Enggak tahu tiba-tiba keidean ini, menarik lho," ujar Andy, menambahkan berat badan yang bertambah membuatnya tak pernah lagi meminjam baju istri.

Kebaya dipakai sebagai identitas budaya, lantas apakah Andy punya busana serupa yang dipakainya sebagai identitas?

"Saya enggak ke batik formal, tapi lebih ke sentuhan kain (Nusantara)," ujar pria yang hobi bersepeda.

Salah satunya adalah hoodie dengan kain tenun khas Nusa Tenggara yang terlihat indah saat dipandang mata, begitu pun di hadapan kamera.

Seraya berseloroh, Andy menambahkan, "Saya juga kelihatan ganteng di situ."

Baca juga: Modis banget, penampilan ragam kebaya Nusantara di karpet merah FFI 2021

Baca juga: 8.295 Wanita Mengikuti Gerak Jalan Berbusana Kebaya