Aplikasi Srikandi bantu tingkatkan kinerja ASN di Inhu

id Rengat,Indragiri Hulu

Aplikasi Srikandi bantu tingkatkan kinerja ASN di Inhu

Pertemuan Kepala Dinas Kominfo dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Inhu. (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri HuluJawalterS mengatakan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) sangat penting untuk meningkatkan kinerja seluruh perkantoran pemerintahan setempat.

"Ini karena adanya perubahan sistem manual menuju digital terutama dalam pelayanan administrasi dan kearsipan sehingga menjadi lebih praktis," kata Jawalter di Rengat, Senin.

Dia berharap Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Inhu yang menjadi pengelola akun aplikasi tersebut berkolaborasi dengan Kominfoagar prosesnya berjalan lebih optimal.

"Pengelola utama akun resmi ini di Inhu adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Sedangkan, Dinas Kominfo menyediakan dan membantu tenaga IT untuk mengelola aplikasi Srikandi tersebut. Selama ini, aplikasi Srikandi sudah ada di Inhu, namun perlu lebih maksimal dan diketahui secara menyeluruh," ujarnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Inhu Joni Maryanto menyebutkan aplikasi ini sebenarnya sudah berjalan, namun tetap membutuhkan dukungan semua pihak untuk lebih memaksimalkannya.

Sosialisasi dan penyebarluasan informasi terkait aplikasi Srikandi sudah dilakukan hingga ke tingkat kecamatan, dan dalam waktu dekat akan diluncurkan oleh Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi.

"Aplikasi ini penting dan semua instansi bisa memanfaatkannya secara maksimal," ujarnya.

Aplikasi ini secara nasional sudah berjalan baik, Indragiri Hulu peringkat lima sudah menggunakan akun resmi Srikandi ini se-Jawa dan se-Sumatra.

Saat ini, semua berbasis informasi Teknologi, sehingga merupakan keniscayaan adanya perubahan dari sistem manual ke sistem digitalsehingga program aplikasi Srikandi dinilai sangat cocok untuk meningkatkan kinerja sebuah lembaga.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2022