5.159 warga Pekanbaru menerima STB

id Stb, tv digital pekanbaru, tv analog

5.159 warga Pekanbaru menerima STB

STB.

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru sudah menuntaskan proses verifikasi data warga penerima bantuan Set Top Box (STB), hasilnya sebanyak 5.159 warga berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Berdasarkan data yang dikirim oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo ke TVOne, kita disuruh memverifikasi data warga punya TV dan yang tidak, maka diperoleh sebanyak 5.159 orang," kata Koordinator PKH Dinsos Kota Pekanbaru Jasman di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, pendataan terhadap warga penerima bantuan STB tidak dilakukan oleh Dinas Sosial, namun dilakukan oleh pihak kementerian dan data tersebut dikirimkan ke pihak TVOne.

Dinsos hanya diperintahkan untuk memverifikasi mana yang punya televisi dan yang tidak punya, serta warga yang punya TV analog dan yang punya TV digital.

"Sebenarnya begini, pendataan itu tidak dari kita, tapi dari pusat melalui Kementerian Kominfo ke TVOne. Dari hasil rapat data yang sudah dikirim pusat ke TVOne jumlahnya 5.159 warga Pekanbaru berhak menerima STB, yang sudah punya TV digital tidak dapat lagi," terang Jasman.

Terkait waktu pembagian STB dikatakan Jasman, pihaknya belum mendapatkan informasi dari pihak TVOne.

"Jadi kapan TV One mau membagikannya, kita belum mendapatkan info dari TV One," kata Jasman.

Perlu diketahui, guna mendukung program Pemerintah tentang penghentian siaran televisi analog (analog switch-off/ASO) atau migrasi dari siaran televisi analog ke siaran televisi digital, pmerintah tengah berupaya untuk mengganti siaran TV analog ke TV digital. Program itu akan berlangsung secara bertahap, terhitung dari 30 April sampai 2 November 2022 mendatang.

Beberapa perbedaan TV Digital dan TV Analog diantaranya, rancangan TV Analog dirancang untuk suara,TV Digital dirancang untuk suara dan juga data.

Sinyal TV Analog yang dipancarkan merupakan sinyal analog yang kemudian ditangkap oleh antena. TV Digital sinyal yang dipancarkan berupa sinyal sistem siaran digital.

Untuk kualitas, TV Analog punya gambar dan suara jernih apabila dekat dengan pemancar. TV Digital, gambar dan suara akan tetap jernih meskipun tidak dekat dengan pemancar.

TV Analog menggunakan pancaran dengan memodulasikan langsung pada pembawa frekuensi. Sedang TV Digital, data lebih dahulu dikodekan dalam bentuk digital, kemudian dipancarkan.