475.976 pemilih terdaftar di Kampar

id Dpb,Kpu kampar, pemilu 2024

475.976 pemilih terdaftar di Kampar

Foto bersama Ketua KPU Kampar Maria Aribeni bersama stakeholder. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan periode Juni 2022 sebanyak 475.976 pemilih tersebar di 21 kecamatan dan 250 desa/kelurahan.

"Jumlah pemilih tersebar dari 21 kecamatan ditetapkan sebanyak 475.976," kata Divisi Perencanaan Datadan Informasi KPU Kabupaten Kampar Andi Putra dalam Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bersama dengan Stakeholder di Kabupaten Kampar di Aula KPU Kabupaten Kampar, Jumat.

Penetapan itu merupakan hasil rapat pleno tersebut tertuang dalam Berita AcaraNomor : 18 /PL.02.1/1401/2022 tanggal 24 Juni 2022.

“Dalam peraturan KPU Nomor 06 Tahun 2021 tersebut ada tiga kegiatan utama dalam PDPB," terangnya.

Pertama, penambahan pemilih baru yang telah memenuhi syarat yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilh Baru (DPB) atau Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir.

Kedua perubahan atau perbaikan elemen data pemilih yang telah terdaftar dalam DPB/DPT terakhir. Ketiga pencoretan pemilih dalam DPB/DPT terakhir yang tidak lagi memenuhi syarat sebagai pemilih.

Dia menginformasikan kepada masyarakat, Parpol, Bawaslu dan instansi terkait lainnya agar mengakses data rekapitulasi dan data pemilih berbasis TPS melalui Aplikasilindungi hakmuuntuk masyarakat dapat menyampaikan pengaduan, masukan, tanggapan dan laporan secara online kepada KPU Kabupaten Kampar.

Rapat Koordinasi itu dipimpin langsung Ketua KPU Kabupaten Kampar Maria Aribeni diikuti oleh para Anggota Komisioner, Sekretaris dan jajarannya.

Dihadiri juga oleh sejumlah stakeholder terkait antara lain Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kampar, Dandim 0313/KPR, Kapolres, Diskominfo, Kesbangpol, Disdukcapil, Lapas, Dinkes Kampar, Pengadilan Negeri, dan pimpinan beberapa Partai Politik peserta Pemilu.

Dalam sambutannya Maria Aribeni menghimbau kepada seluruh pihak agar turut bekerjasama dalam mensukseskan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

"Terutama dalam proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, agar daftar pemilih Pemilu 2024 akurat dan berkualitas," ujarnya.

Dia juga berharap masukan, tanggapan dan informasi perihal data pemilih Kabupaten Kampar.