Legislator ini dorong RSUD AA jadi pusat pengobatan kanker dan jantung

id RSUD AA, KANKER, JANTUNG, PELAYANAN, RS RIAU, DPRD

Legislator ini dorong RSUD AA jadi pusat pengobatan kanker dan jantung

Ade Hartati Rahmat. (ANTARA/Diana S)

Pekanbaru (ANTARA) - Anggota Komisi V DPRD Riau Ade Hartati Rahmat mendorong Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahcmad menjadi pusat pengobatan kanker dan jantung di Provinsi Riau.

"Kita mendorong agar RSUD AA menjadi RS Pendidikan serta menjadi RS pusat kanker dan jantung di Riau, bahkan kalau bisa di wilayah Sumatra," kata Ade Hartati di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakannya, Pihaknya telah menggelar rapat kerja dengan RSUD AA. Dalam rapat itu, dia meminta rumah sakit milik pemerintah menyiapkan desain besar untuk kelengkapan infrastruktur. "Kita minta RSUD AA menyiapkan grand design RSUD AA ke depan," kata politsi PAN Riau itu.

Dia mengatakan, RSUD AA sebagai satu-satunya rumah sakit rujukan milik pemerintah di Provinsi Riau harus didukung penuh untuk menjadi RS tipe A dengan kesiapan infrastruktur sarana dan prasarana yang sangat baik.

Terkait kualitas pelayanan RS, lanjut Ade, harus ditingkatkan yang didukung oleh sarana prasarana. Untuk itu, mengupayakan ketersediaan tempat tidur untuk rawat inap merupakan hal penting yang harus diperhatikan.

"Salah satu contoh sederhana adalah dengan mengupayakan ketersediaan tempat tidur untuk rawat inap," jelasnya.

Dia mengungkap, saat ini di RSUD AA baru memiliki sebanyak 518 tempat tidur dengan rasio jumlah pasien rawat inap sebesar hampir 142.000 jiwa per tahun. Kondisi tersebut dinilai masih jauh dari cukup.

"Secara otomatis, konsekuensi dari penambahan tempat tidur adalah penambahan peralatan medis dan tenaga medis. Jadi, pelayanan masih harus ditingkatkan, salah satunya dengan pengajuan penambahan tenaga medis," kata Ade Hartati.

Kata Ade, Pemprov tengah menyurati pemerintah pusat untuk penambahan tenaga medis. Sedangkan untuk penambahan fasilitas juga dibutuhkan penambahan fasilitas lain seperti ruang ICU, NICU, ruang operasi dan lain-lainnya.