Aplikasi mobile banking BCA Digital "blu" mengggunakan layanan BI-FAST

id Blu, BCA Digital, BI-FAST, Transfer Online

Aplikasi mobile banking BCA Digital "blu" mengggunakan layanan BI-FAST

Aplikasi blu BCA Digital. (ANTARA/BCA)

Jakarta (ANTARA) - BCA Digital sejak 27 April 2022 resmi menghadirkan layanan transaksi BI-FAST Payment atau BI-FAST pada aplikasi mobile banking"blu" guna menyempurnakan teknologi bank digital untuk memenuhi kebutuhan para nasabah.

Direktur Utama PT Bank Digital BCA Lanny Budiati dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, menyampaikan bahwa layanan BI-FAST ini merupakan bagian dari peta jalan pengembangan produk dan teknologi pada aplikasi mobile banking blu di tahun 2022.

“Keberhasilan blu menjadi salah satu platform bank digital yang menyediakan BI-FAST adalah satu langkah dari sekian banyak rencana pengembangan produk blu tahun ini. Fokus utama kami adalah mengakomodir sebanyak mungkin kebutuhan nasabah agar menjadi sahabat finansial sehari-hari dalam membantu nasabah mencapai tujuan keuangannya,” ujar Lanny.

Hadirnya BI-FAST sebagai alternatif layanan transaksi, sambung dia, membuat nasabah blu semakin dapat menikmati beragam cara untuk transfer dana dengan biaya yang efisien, yakni Rp2.500.

Di sisi lain, nasabah blu tetap bisa merasakan bebas biaya transfer online atau Rp0 dengan bluRewards.

Nasabah blu bisa menggunakan layanan BI-FAST dengan minimum transaksi sebesar Rp5 ribu dan maksimal Rp250 juta.

Lanny mengatakan nasabah cukup memiliki nomor telepon genggam atau email yang terdaftar di aplikasi blu by BCA Digital untuk dapat menikmati BI-FAST, yang bisa didaftarkan sebagai proxy address guna menggantikan fungsi nomor rekening di BI-FAST.

"Satu proxy address hanya bisa digunakan di satu rekening. Tetapi jika nasabah blu sudah lebih dulu mendaftarkan nomor telepon genggam atau email di bank lain tetap bisa melakukan update proxy address di blu,” ungkapnya.

Selain BI-FAST, kata dia, blu juga menyediakan layanan transfer dana lainnya dengan berbagai pilihan biaya dan limit transaksi sesuai syarat dan ketentuan, antara lain transfer online, transfer lalu lintas giro (LLG), dan transfer real time gross settlement (RTGS) untuk mengakomodir berbagai kebutuhan nasabah.

Bank Indonesia meluncurkan layanan BI-FAST pada akhir 2021 lalu, yang beroperasi 24 jam dalam satu minggu serta waktu penyelesaian pembayaran hanya berdurasi sekitar 25 detik.

Bank sentral mencatat transaksi layanan BI-FAST terus mengalami peningkatan dari bulan ke bulan. Per Maret 2022, transaksi BI-FAST meningkat signifikan jika dibandingkan bulan sebelumnya, yakni sebesar 43 persen.