KPU Undi Lokasi Kampanye Cagub Riau

id kpu, undi lokasi, kampanye cagub riau

 KPU Undi Lokasi Kampanye Cagub Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Riau mengundi lokasi kampanye untuk calon gubernur di lima zona yang sudah ditetapkan untuk Pilkada Riau 2013 di Pekanbaru, Jumat.

Pencabutan undian diikuti oleh perwakilan tim pemenangan dari lima pasangan calon gubernur di Kantor KPU Riau di Jalan Gajah Mada.

"Dengan pengundian ini diharapkan tidak ada konflik yang mengenai lokasi saat jadwal kampanye," kata Ketua KPU Riau Tengku Edi Sably.

KPU Riau sebelumnya sudah menetapkan jadwal kampanye akan berlangsung mulai tanggal 18-31 Agustus. Pencabutan undian ini bertujuan untuk menentukan lokasi kampanye masing-masing cagub di lima zona kampanye yang disediakan.

Pilkada untuk pemilihan Gubernur Riau periode 2013-2018 diikuti oleh lima pasangan politik. Berdasarkan nomor urut pertama hingga terakhir, kandidatnya antara lain pasangan Herman Abdullah-Agus Widayat (I), Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rahman (II), M Lukman Edy-Suryadi Khusaini (III), Achmad-Masrul Kasmy (IV), dan Jon Erizal-Mambang Mit (V).

Kampanye hari pertama pada 18 Agustus akan diawali dengan penyampaian visi dan misi setiap cagub di rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau, di Pekanbaru. Kemudian, debat publik pasangan cagub akan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus.

Di setiap zona yang disediakan, masing-masing cagub hanya punya waktu dua hari untuk melakukan kampanye berupa rapat terbuka. Pada saat itu, cagub diperbolehkan melakukan pengerahan massa hingga ribuan orang.

Menurut Edi Sably, penentuan jumlah zonasi dalam kampanye yang kini berjumlah lima zona ditentukan dari banyaknya kandidat.