Bupati Inhu panen perdana pisang

id Rengat,Inhu,Pisang inhu

Bupati Inhu panen perdana pisang

Bupati tinjau panen pisang Kepok (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Bupati Indragiri HuluRezita Meylani Yopi meninjau panen perdana pisang Kepok milik warga, bahkan sempat memotong tandan pisang secara langsung dari batangnya di Kecamatan Lirik.

"Buah pisang sangat bagus, saya memberikan apresiasi tinggi atas kreativitas masyarakat, usaha ini membantu ekonomi keluarga," kata Bupati Rezita di Rengat, Rabu (13/4).

Menurutnya, buah pisang sangat bermanfaat dan laku keras saat ini sehingga warga bisa menjadikannya sebagai salah satu usaha andalan. Apalagi kondisi lahan serta alam yang subur, mendukung pertumbuhan tanaman pisang.

Hasil panen pisang bisa dijual cepat karena banyak yang butuh untuk berbagai usaha. Seperti, dimanfaatkan untuk pembuatan produk olah seperti keripik pisang, kue-kue sehingga mampu menghasilkan pendapatan.

Oleh sebab itu, kegiatan ini perlu dicontoh warga lain sehingga Inhu menjadi lumbung pisang dan hasilnya bukan saja untuk masyarakat lokal tetapi konsumen luar daerah, kata Bupati.

"Pemkab Inhu sangat merespons positif usaha tersebut dan akan memberikan perhatian khusus," janji Bupati.

Bupati juga menyempatkan diri berkunjung ke Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat. Yakni, meninjau usaha di Desa Wonosari yakni rumah produksi "Davin Cake and Cookies" didampingi Plt Kadis Perindustrian dan Perdagangan Indragiri Hulu Elvi Irma Junita.

Camat Lirik Zainudin menambahkan, dua usaha masyarakat saat ini menjadi harapan banyak pihak.

"Karena, usaha ini berkembang dan membantu ekonomi warga," sebutnya.