Waspada hujan dan petir guyur Pekanbaru saat malam

id BMKG, Waspada, hujan, dan, petir, guyur, Pekanbaru, saat,malam

Waspada hujan dan petir guyur Pekanbaru saat malam

Ilustrasi. ANTARA/Basri Marzuki)

Pekanbaru (ANTARA) - Bagi warga Kota Pekanbaru yang akan beraktifitas menjelang malam hari, ada hal yang harus dipertimbangkan karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat menyampaikan akan ada hujan disertai petir nanti malam.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," kata Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Anggun di Pekanbaru, Jumat.

Dikatakan Anggun, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau dan Pekanbaru.

"Hujan mulai mengguyur Riau pada malam hari dan akan berlangsung hingga dini hari," katanya.

Baca juga: Bangunan Pemda Kampar rusak diterjang angin puting beliung

Ia a mengatakan, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hulu, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kota Dumai," katanya.

Baca juga: Akibat angin puting beliung, satu rumah di Kampar tertimpa pohon

Kata dia lagi, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Ini bakal terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar , Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Siak pada malam dan dini hari," ungkapnya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 55 – 97 persen. Sementara arah angin berhembus ke Baratan dengan kecepatan 10 – 28 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m.