Gajah di Bengkalis mati tersengat listrik PLN saat menyusui

id Gajah mati, tersengat listrik, gajah menyusui, Bengkalis

Gajah di Bengkalis mati tersengat listrik PLN saat menyusui

Gajah betina berumur 25 tahun ditemukan mati saat air susunya masih berproduksi.(ANTARA/HO-BBKSDA Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Seekor Gajah Sumatera dewasa usia lebih kurang 25 tahun ditemukan mati di Dusun Kayu Api, Desa Koto Pait Beringin, Kecamatan Tualang Mandau, Kabupaten Bengkalis, saat sedang masih menyusui disebabkan setruman aliran listrik kabel milik PT Perusahaan Listrik Negara PLN).

"Arus listrik PLN itu terhubung ke barak pekerja kebun sawit milik masyarakat yang dirobohkan gajah liar," kata Pelaksana Tugas Kepala Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam Riau, Fifin Arfiana Jogasara, melalui pernyataannya, Sabtu.

Gajah tersebut ditemukan Jumat (10/12) lalu sekitar pukul 10.00 WIB berdasarkan informasi anggota Tim Kelompok Masyarakat Peduli Gajah (KMPG) Desa Koto Pait Beringin bersamaRimba Satwa Fondation (RSF)-HIPAM.Bangkai gajah berada di kebun sawit masyarakat yang berbatasan langsung dengan konsesi PT. Arara Abadi.

Sedangkan gajah liar ini merupakan sub populasi di Suaka Marga Satwa GiamSiak Kecil. Untuk memastikan penyebab kematiannya, Balai Besar KSDA Riau telah menurunkan tim medisnya dipimpin drh. Danang untuk melakukan nekropsi(proses pemeriksaan untuk mencari penyebab kematian pada satwa).

Hasil identifikasi terhadap satwa tersebut pemeriksaan fisik bagian luar tidak ditemukan tanda tanda keracunan atau kekerasan. Bangkai sudah mengalami kaku dan terdapat timbunan gas pada bagian perut dengan posisi rebah pada bagian kanan.

Kemudian pada bagian rongga mulut terutama lidah serta langit langit rongga mulut ditemukan luka melepuh/terbakar dengan penampang yang luas. Melihat kelenjar susu diketahui masih berproduksi dan menyusui mengindikasikan bahwa satwa tersebut memiliki anak.

Sementara penyebab kematian memang diduga karena tersengat aliran listrik PLN. Itu diperkuat dengan adanya luka melepuh pada rongga mulut dengan indikasi gajah tersebut menggigit kabel terlihat dari bekasnya.

"Setelah dilakukan nekropsi, bangkai gajah dikuburkan di areal perkebunan tempat ditemukannya satwa tersebut," ungkap Fifin.

Baca juga: Seekor gajah Sumatra ditemukan mati di Pelalawan

Baca juga: Duh, gajah betina ditemukan mati di kebun warga di Pelalawan