Sean Gelael gandeng navigator asal Portugal khusus untuk berlaga di Danau Toba Rally 2021

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,balap

Sean Gelael gandeng navigator asal Portugal khusus untuk berlaga di Danau Toba Rally 2021

Pebalap Indonesia Sean Gelael memberikan keterangan di Kantor IMI Pusat kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (10/10/2021). (ANTARA/Bayu Kuncahyo)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Sean Gelael menggandeng navigator asal Portugal Hugo Ismael khusus untuk berlaga pada Kejuaraan Nasional Rally putaran 1 dan 2 dengan tajuk Danau Toba Rally 2021 di Aek Naoli, Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, 11-12 Desember.

Apa yang dilakukan pebalap yang baru saja menjadi runner-up FIA World Endurance Championship 2021 bukan tanpa alasan yang di antaranya untuk memaksimalkan kemampuan serta menggairahkan balapan di Tanah Air terutama rally.

Baca juga: Honda akan tarik 723.000 kendaraan SUV dan truk karena kap bisa buka sendiri

"Sama Hugo pertama kali (kerja sama). Semoga hasilnya maksimal di balapan nanti," kata Sean Gelael dalam perbincangannya dengan media di Jakarta, Selasa malam.

Bagi pebalap Jagonya Ayam ini, turun di balapan yang lintasannya pernah digunakan untuk kejuaraan dunia atau WRC 1996-1997 bukan yang pertama karena pada 2019 juga turun dengan navigator Tony Sircombe. Untuk kendaraannya tetap Citroen C3 R5.

Pada Danau Toba Rally 2021, Sean sebenarnya ingin mendatangkan pebalap-pebalap asing seperti Stoffel Vandoorne, Tom Blomqvist dan Antonio Giovinazzi. Sayangnya, pelaksanaan Rally Toba bentrok dengan agenda mereka. Antonio masih menjalani balapan terakhir di Formula 1 bersama tim Alfa Romeo di Abu Dhabi.

Baca juga: Mobil DFSK buatan Pabrik Cikande, Indonesia diekspor ke 14 negara

"Pengennya seperti itu (datangkan pebalap asing). Tapi jadwalnya lagi bentrok. Semoga untuk balapan berikutnya bisa," kata pebalap yang mengenal rally sejak kecil itu.

Anak pasangan Ricardo dan Rini Gelael ini menjelaskan, keinginan untuk mendatangkan pebalap asing ini bukan tanpa alasan. Sean ingin menunjukkan jika di Indonesia ada kompetisi dan persaingannya ketat.

"Biar mereka tahu. Kami ingin, ke depan banyak balapan internasional digelar. Kita sudah pernah jadi tuan rumah APRC maupun WRC. Semoga itu bisa kembali," kata pebalap berusia 25 tahun itu.

Baca juga: Porsche tarik 35 unit kendaraan Porsche Taycan karena kendala suspensi

Sean Gelael pada balapan kali ini banyak rival yang harus dihadapi termasuk juara nasional rally 2006 yakni Ricardo Gelael. Selain itu ada Subhan Aksa hingga Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah atau yang akrab dipanggil Ijeck.

"Bapak turun biar saya punya lawan," kata Sean Gelael sambil tertawa. "Bapak bener-bener siap lho. Latihan fisik juga," katanya menambahkan.

Danau Toba Rally 2021 putaran pertama terbagi dalam tiga Special Stage (SS). SS 1 sejauh 9,62 km, SS 2 sejauh 14,74 km dan SS 3 dengan jarak 15,36km. Sedangkan putaran kedua terbagi tiga SS yakni SS 1 dengan jarak 15,23km, SS 2 dengan 14,70km dan SS 3 sejauh 9,48km. Ada 56 pebalap yang bakal unjuk kemampuan.

Baca juga: Ini alasan Honda kembangkan All New Honda BR-V
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021