Pedagang kecil punya peluang nikmati APBD

id Pedagang bisa ikut pengadaan,Bupati inhu, pedagang kecil inhu,Inhu

Pedagang kecil punya peluang nikmati APBD

Suasana pertemuan. (ANTARA/dok)

Rengat (ANTARA) - Pedagang kecil memiliki peluang besar untuk mendapatkan kesempatan menikmati Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) karena proses pengadaan barang dan jasa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Indragiri Hulu ada kemudahan.

Kemudahan itu disampaikan oleh Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Provinsi Riau Agus Salim Harahap, pada kegiatan "Ngobrol Bela Pengadaan" yang dilaksanakan di Ruang Auditorium Yopi Arianto,Kamis.

"Karena, pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah dengan nilai mencapai Rp50 juta tidak rumit," katanya.

Pihan pengadaan barang dan jasa hanya menseleksi pemilik usaha yang cukup mengantongi NPWP. Dan, usaha kecil itu harus membuat daftar harga dan jenis produk yang disediakan sebagai bahan evaluasi.

Namun, pihak pengadaan barang dan jasa, tetap berpedoman pada aturan yang ada. Dan, petugas di bidang itu telah memiliki sertifikat kompetensi.

"Melalui acara bincang bersama, memberikan pembekalan bagi peserta, sehingga tidak ada kendala dalam kegiatan nantinya," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, selain membuka acara juga menyebutkan, acara ini sangat membantu petugas pengadaan barang dan jasa.

"Agar proses pengadaan tidak mendapatkan kendala dan petugas bisa melindungi usaha mikro," pintanya.

Berdasarkan aturan, pemerintah sudah menyediakan nilai 10 - 15 persen anggaran untuk pengadaan barang dan jasa di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dana APBD.

Jadi, peluang dan kesempatan yang sama bagi pemilik usaha kecil untuk memanfaatkannya. Peluang itu, disebutkan Bupati di hadapan peserta baik itu dari OPD, Camat maupun undangan yang hadir.

Baca juga: Bupati yakin aplikasi M-PPKKAD dapat tingkatkan pelayanan

Baca juga: Kejari Inhu komitmen selesaikan sejumlah kasus dugaan korupsi