Pemrov Riau promosikan wisata Koto Masjid yang kian mempesona

id Pemrov Riau

Pemrov Riau promosikan wisata Koto Masjid yang kian mempesona

Pesona Kampung Patin, Desa Wisata Koto Masjid, Kabupaten Kampar, Riau saat dikunjungi Gubernur Riau Syamsuar. (Foto:Antara/HO-Humas Diskominfotik).

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat mengatakan Pemrov Riau kini terus gencar mempromosikan Desa Wisata Koto Masjid yang populer dengan Kampung kolam ikan patin itu potensial dikunjungi wisatawan karena mempesona sebagai destinasi wisata.

"Objek wisata Koto Masjid makin mempesona terbukti kawasan itu

kini menjadi salah satu desa di Riau yang berhasil menembus 50 besar nominasi Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021," kata Roni kepada media di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan, saat ini objek wisata Kampung Patin telah terbentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) beranggotakan masyarakat yang memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengembangkan Desa Koto Masjid menjadi desa tujuan wisata.

Ia menyebutkan, keberadaan objek wisata Kampung Patin di Desa Koto Masjid itu justru sudah banyak meningkatkan kesejahteraan dan dampak yang luar biasa bagi kemajuan desa. Saat ini Desa Wisata Koto Masjid menjelma sebagai sentra perikanan yang mampu menghasilkan panen ikan patin 15 ton per hari.

"Kini ada 160 hektare luas kolam ikan yang menopang ekonomi warga di Kampung Patin. Hampir setiap rumah di sini terdapat kolam ikan. Satu rumah minimal ada satu kolam patin, sehingga Desa Koto Masjid memiliki motto ‘’Tiada Rumah Tanpa kolam’’, " katanya.

Jumlah kolam ini akan terus meningkat, karena setiap hari ada saja penambahan kolam baru. Nilai tambahnya adalah wisata alam dan wisata edukasi. Putaran uang di desa ini, bila dihitung dari hasil panen ikan mencapai Rp190 juta rupiah per hari.

Sedangkan Pokdarwis Desa Koto Masjid terdiri atas pokdarwis Puncak Kompe, pokdarwis Sungai Gagak, serta penggiat-penggiat wisata yang mengelola kelompok kerajinan tangan dan kuliner. Kelompok ini merupakan masyarakat yang peduli terhadap kemajuan daerah melalui pariwisata," kata Roni.

Ia menjelaskan, pemerintah sangat mendukung keberadaan desa wisata. Berbagai pembangunan dilakukan dimulai dari desa, pengembabgan sarana dan prasarana pendukung dibarengi kegiatan pembinaan sumber daya manusia.

"Program Pemerintah pusat memberikan stimulus berupa dana desa kemudian, Gubernur Riau juga memberikan program Bantuan Keuangan Khusus desa. Dana ini bisa disesuaikan dengan potensi yang akan dikembangkan di desa," ujarnya.

Roni optimis Desa Koto Masjid atau populer dengan sebutan Kampung Patin ini bisa menjadi desa wisata terbaik, dan telah terbukti menjadi satu-satunya desa wisata di Riau yang masuk 50 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

"Insya Allah besok, Minggu (12/9), Menparekraf Sandiaga Uno akan datang ke Kampung Patin bersama Gubernur Riau. Semoga momentum ini memberikan efek ganda mendorong Desa Wisata Koto Masjid untuk lebih baik, bersama pentahelix pariwisata, kami siap membantu," kata Roni. ***1***T.F011