Baru 18,2 persen nakes Riau divaksin moderna

id Booster,vaksin nakes, vaksin booster

Baru 18,2 persen nakes Riau divaksin moderna

Proses vaksinasi COVID-19 dosis I dan II masih berlangsung bagi warga Pekanbaru. (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, melaporkan saat ini sebanyak 18,2 persen tenaga kesehatan (Nakes) setempat sudah mendapatkan vaksindosis ketiga (booster) jenis moderna.

"Vaksinasi dosis ketiga untuk Nakes di Riau sedang berlangsung, sampai saat ini sudah sebanyak 6.004 orang selesai divaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakan Yuliani Nazir, Riau miliki sasaran vaksinasi booster bagi nakes sebanyak orang 32.923 orang. Dari total tersebut saat ini baru 18,2 persen yang tervaksin dosis ketiga atau sebanyak 6.004 orang.

"Vaksin booster dikhususkan untuk nakes yang bertugas di rumah sakit dan fasilitas kesehatan di kabupaten/kota se-Riau," katanya.

Booster vaksin yang diberikan kepada nakes di Riau menggunakan jenis moderna.

"Vaksin moderna dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada Nakes yang bersentuhan langsung dengan pasien COVID-19," katanya.

Hal ini karena nakes sebagai garda terdepan yang melayani pasien COVID-19 langsung. Dengan diberikan vaksinbooster, maka para nakes tidak berisiko terpapar.

"Harapan kita dengan diberikannya vaksin ketiga ini bisa menambah kekebalan tubuh bagi nakes kita. Sehingga mereka bisa lebih aman saat bertugas dan terhindar dari penularan virus COVID-19," tutupnya.

Baca juga: Panglima Armada I pantau serbuan vaksin dan dukungan oksigen medis di Dumai

Baca juga: Indonesia kembali terima kedatangan 7,5 juta dosis vaksin multi produsen