Bupati Inhu Rezita Meylani Sebut 17 desa rawan Karhutla di inhu

id Bupati pimpin apel kesiapsiagaan karhutla,Karhutla inhu, inhu

Bupati Inhu Rezita Meylani Sebut 17 desa rawan Karhutla di inhu

Bupati Inhu usai apel siaga penanganan Karhutla. (ANTARA/Asripilyadi)

Rengat - Indragiri Hulu (ANTARA) - Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi menyebutkan ada 17 desa di lima kecamatan di wikayahnya yang masuk daerah rawan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sehingga perlu diantisipasi sedini mungkin agar kondisi tetap aman.

Harapan itu, disebutkan Bupati Rezita MY saat membuka acara apel siaga kesiapsiagaan Karhutla yang digelar di halaman Perkantoran Bupati setempat yang diikuti instansi terkait dan Forkopimda, Rabu.

"Alhamdulillah acara ini berjalan baik, dan saya bangga atas peran aktif semua pihak, hingga Inhu ke depannya zero Karhutla walaupun ada wilayah rawan," katanya.

Acara kesiapsiagaan diikuti ratusan personil gabungan baik dari TNI, Kepolisian, Satpol PP, Petugas Karhutla adalah salah satu cara antisipasi dalam menghadapi musim panas.

Tentunya, sebagai pembekalan bagi semua petugas menuju kesuksesan dalam bertugas nantinya. Sehingga tujuan dan target akan tercapai dengan baik, namun demikian bukan berarti semua yang sudah menjadi zero Karhutla.

Sebab, bisa saja kemungkinan terjadi kebakaran, oleh karena itu, semua masyarakat juga ikut memberikan peran misalnya tidak membuang bekas rokok sembarangan tempat.

Mencintai lingkungan, membuka lahan tidak dengan cara membakar. Karena sangat beresiko jika dilakukan dan masuk dalam pelanggaran hukum, terutama di Kecamatan lirik, Rengat, Rengat Barat, Batang Gansal yang masuk wilayah rawan Karhutla.

"Namun demikian, kerjasama semua pihak harus optimal dan berkelanjutan," pinta Bupati.

Ketua DPRD Indragiri Hulu Samsudin pada kesempatan yang sama mengatakan, sangat mendukung upaya kesiapsiagaan ini, karena antisipasi menuju zero Karhutla.

"Kita optimis, semua bakal baik dan aman dari Karhutla, jika penanganannya optimal," sebutnya.

Kerjasama yang baik, peningkatan kinerja dan fasilitas penanganan Karhutla juga menjadi perhatian serius. Tujuannya, agar petugas tidak mendapatkan hambatan dalam menjalankan aktivitas di lapangan.

Seperti yang katakan oleh Bupati Inhubahwa semua pihak tanpa terkecuali harus peduli dan komitmen meminimalisir dan menjauhi Karhutla adalah sangat positip. Agar lebih optimal, pihak legislatif memberikan dukungan penuh sehingga Indragiri Hulu aman, antisipasi berjalan lancar.

Seperti terlihat, pada acara Apel Siaga Kesiapsiagaan yang dilaksanakan di Halaman Perkantoran Bupati Indragiri Hulu diikuti oleh ratusan personil gabungan. Bahkan, masing - masing menampilkan fasilitas yang dimiliki.

Bupati dan rombongan juga sempat berdialog langsung dengan sejumlah personil, agar mendapatkan informasi menyeluruh terkait persiapan dan fasilitas masing - masing satuan.

Baca juga: Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi apresiasi terlaksana apel kesiapsiagaan karhutla

Baca juga: Pemkab Inhu gelar sejumlah kegiatan pada HUT ke-76 RI