Pemkab Bengkalis kembali raih predikat B dari Menpan

id pemkab bengkalis,Bengkalis, bustami

Pemkab Bengkalis kembali raih predikat B dari Menpan

Sekda Bengkalis H Bustami HY didampingi Asisten Administrasi Umum Setda Bengkalis H Tengku Zainuddin, dan Kepala Bappeda Hadi Prasetyo saat menghadiri penghargaan SAKIP secara daring.(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis kembali meraih predikat B pada penghargaan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kementerian PANRB).

Pengumuman itu dilaksanakan secara daring, dihadiri Bupati Bengkalis diwakili Sekretaris Daerah (Sekda)Bustami HY di Ruang Rapat Hang Jebat, Kantor Bupati Bengkalis, Kamis (22/4).

Dalam sambutannya Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo menekankan birokrasi harus bekerja dengan memanfaatkan anggaran secara efektif dan efisien, di tengah semakin banyaknya kebutuhan pembangunan.

Penilaian SAKIP bertujuan untuk menilai akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran, dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil.

"Semakin tinggi nilai akuntabilitas kinerja, semakin tinggi pula efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran pada suatu instansi pemerintah," jelasnya.

Selain melakukan evaluasi SAKIP, Kementerian PANRB juga melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan reformasi birokrasi.

Terkait evaluasi, rekomendasi dan harapan yang disampaikan oleh Menpan RB, Bupati Sekda Bustami Hy menyebutkan, akan segera menindaklanjutinya dengan harapan ke depannya semakin baik dan semakin akuntabel.

Kemudian, Bustami HY juga menyampaikan rasa syukur dan terimakasih, kepada semua pihak terutama tim SAKIP Pemkab Bengkalis, sehingga bisa meraih kembali predikat B.

"Ini menjadi tantangan bagi kita semua, agar capaian-capaian baik yang sudah diraih bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan," ujarnya.

Terkait keberhasilan mendapatkan predikat B, dijelaskan Sekda, capaian tersebut tidak lepas dari penerapan kegiatan yang mengedepankan efektifitas dan efisiensi, serta adanya sinkronisasi dan sinergisme antar semua perangkat daerah, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan.

Baca juga: Safari Ramadhan di Mandau, Kasmarni sampaikan visi dan misi

Baca juga: Kasus kematian COVID-19 di Bengkalis meningkat


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar