Pekanbaru akan mendapat 102.000 sambungan SPAM tahun 2021

id Spam,Pemko pekanbaru

Pekanbaru akan mendapat 102.000 sambungan SPAM tahun 2021

Ground breaking Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Lintas Pekanbaru - Kampar sudah dilakukan oleh Gubernur Riau Syamsuar MSi, virtual di Pekanbaru, Jumat (20/11). (ANTARA/HO-Pemko Pku)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan memperoleh 102.000 sambungan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Lintas Pekanbaru - Kampar pada tahun 2021.

"Alhamdulillah, SPAM Pekanbaru-Kampar akan dibangun dalam rangka mencukupi kebutuhan air bersih untuk masyarakat," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi di Pekanbaru, Sabtu.

Dikatakan Ayat, peletakkan batu pertama Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Lintas Pekanbaru - Kampar sudah dilakukan oleh Gubernur Riau Syamsuar, Jumat (20/11).

Ayat mengatakan, air bersih merupakan sumber kehidupan masyarakat. Untuk itu, sudah selayaknya pemerintah wajib mewujudkan kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Walaupun keterbatasan anggaran, pemerintah menggandeng pihak swasta karena pembangunan yang berkelanjutan itu harus secara bersama, antara PT Sarana Pembangunan Riau Bersama Pemerintah Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

"Untuk di Pekanbaru ada tiga Kecamatan, yaitu, Tampan, Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Marpoyan Damai. Mudah-mudahan dengan diresmikannya pengerjaan SPAM ini kebutuhan masyarakat akan air bersih nantinya bisa tercukupi," katanya.

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar saat peletakan batu pertama mengatakan, pembangunan ini diharapkan dapat direalisasikan segera, mengingat kebutuhan akan air minum dan air bersih kebutuhan vital masyarakat, serta banyaknya penduduk yang akan memanfaatkan SPAM di dua kabupaten/kota.

"Target kita tahun 2021 sudah dapat dioperasikan," kata Syamsuar.

Sedangkan Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR diwakili oleh Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur dan Pemukiman Kementerian PUPR R Haryo Bekti Martoyoedopada waktu yang sama mengatakan, tahun 2024 ditargetkan pembangunan infrastruktur mencapai 100 persen sedangkan air minum perpipaan dapat mencapai 30 persen.

"Sistem Penyedia Air Minum Lintas Pekanbaru - Kampar merupakan pembangunan instalasi pengolahan air kapasitas output 1000 liter per detik, yang akan melayani kurang lebih 624.000 jiwa atau sekitar 102.000 sambungan rumah di lima kecamatan di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, yakni Kecamatan Tampan, Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Marpoyan Damai, Kecamatan Siak Hulu dan Kecamatan Tambang," tukasnya.

Baca juga: Momen Sumpah Pemuda, air bersih Dumai resmi mengalir

Baca juga: Komisi V DPR akan perjuangkan pembangunan SPAM di Tanjung Buton


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar