Wali Kota Dumai minta perusahaan serius terapkan protokol kesehatan

id Satgas COVID-19 Dumai, COVID-19 Dumai,Corona dumai, dumai, kota dumai

Wali Kota Dumai minta perusahaan serius terapkan protokol kesehatan

Walikota Dumai Zulkifli AS (tengah). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Wali Kota Dumai Zulkifli AS minta seluruh perusahaan beroperasi daerah ini untuk serius mengawasi dan memperketat penerapanprotokol kesehatan di lingkungan kerja guna mendukung upaya bersama pencegahan Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19.

Zulkifli kepada pers, Selasa, mengatakan Pemkot Dumai melalui Satgas Pengendalian COVID-19 terus berkoordinasi dengan perusahaan untuk membahas laporan adanya kasus virus corona yang terjadi di lingkungan perusahaan dan bagaimana langkah mengantisipasi penularan lebih luas.

Dia juga meminta seluruh perusahaan untuk bekerjasama baik dengan menyiapkan ruangan isolasi mandiri untuk karyawan yang terpapar COVID-19 karena fasilitas kesehatan pemerintah hingga kini sudah membludak.

“Seluruh fasilitas yang kita punya sudah penuh dan kami minta kerjasama perusahaan, dan dengan sinergi semua, penyebaran COVID-19 ini bisa ditekan," sebutnya.

Menindaklanjuti kondisi wabah COVID-19 ini, Satgas Dumai juga memberlakukan jam malam bagi pedagang dengan sanksi bagi yang tidak taat aturan pemerintah.

Dia berharap semua warga bisa mentaati protokol kesehatan agar terhindar dari hukuman atau denda, terutama sekali dapat bersama menghentikan lonjakan kasus COVID-19 di Dumai bisa berkurang jauh.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Dumai dr Syaiful menyebutkan angka kematian akibat corona di daerah ini cukup tinggi, mencapai 12 kasus, dan terjadi dalam rentang waktu hanya 16 hari, atau selama periode 6-22 September 2020 saja.

Baca juga: Dinas PU Dumai usul anggaran Rp7 miliar untuk normalisasi drainase

Dia meminta perusahaan untuk bekerjasama dengan Tim Satgas COVID-19 Dumai agar penanganan karyawan terpapar virus corona lebih terarah dan terkoordinir guna menekan penularan ke orang lain.

"Dalam 16 hari terakhir sudah ada 12 kasus kematian positif COVID-19 dan artinya harus diwaspadai bersama agar diri dan keluarga kita terhindar dari penularan virus corona ini dengan cara menjalankan protokol kesehatan secara benar," kata Syaiful.

Data COVID-19 Kota Dumai pada Senin 21 September 2020 Pukul 17.59 Wib, pasien suspek isolasi mandiri 220 orang dan 14 isolasi di RS. Sedangkan kasus terkonfirmasi positif 316 orang isolasi mandiri dan 61 pasien isolasi di RSUD Dumai dan RS Pertamina Dumai.

Baca juga: Memanfaatkan YouTube dan barang bekas untuk proyek kamera obscura

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar