Astra donasi satu unit ventilator bantu penanganan COVID-19 di Siak

id astra agro lestari,PT KTU,covid siak,ventilator,berita riau antara,berita riau terbaru

Astra donasi satu unit ventilator bantu penanganan COVID-19 di Siak

Perwakilan Astra Riau secara simbolis menyerahkan bantuan satu unit ventilator kepada Satgas percepatan penanganan COVID-19 Siak.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

SIAK, (ANTARA) - PT Astra Agro Lestari Tbk melalui anak perusahaannyaPT Kimia Tirta Utama (KTU) di Kabupaten Siak, Riau menyerahkan satu unit ventilator untuk membantu penanganan penyebaran COVID-19 di daerah setempat.

"Bantuan ini diharapkan bisa meringankan pemerintah daerah. Ini tahap V dari Astra berupa bantuan 50 buah ventilator tersebar di 18 provinsi Indonesia," kataCommunity Development Area Manager Riau PT Astra Agro Lestari, Dede Putra Kurniawan di Siak, Kamis.

Untuk Riau lanjutnya ada dua alat bantu pernafasan yang diberikan, pertama di Kabupaten Pelalawan. Di Siak bantuan tersebut diterima Wakil Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak yang juga Kepala Kepolisian Resor Siak, AKBP Doddy F Sanjaya di Posko Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak, Mess Pemda.

Program berkelanjutan Astra ini khususnya diberikan karena di Riau akhir-akhir ini positif cukup tinggi. Diharapkan ventilator seharga Rp404 juta bisa membantu pasien yang sudah masuk ICU yang terserang sistem pernapasannya.

"Sistem pernapasan pasien berjalan tidak normal sehingga membutuhkan alat bantu untuk bernapas. Semoga ventilator ini dapat membantu pasien COVID-19 yang mengalami kendala pada pernapasan dapat tertangani dengan baik sampai sembuh," ujarnya didampingi Kepala Administrateur PT KTU, Achmad Zulkarnain.

Bantuan ventilator ini merupakan salah satu program Nurani Astra dalam rangka penanganan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Bantuan 50 ventilator ke 18 provinsi di Indonesia bernilai Rp20,8 miliar dan sebelumnya, Nurani Astra juga menyalurkan berupa kendaraan pick up dan truk, ventilator, perlengkapan ICU, sampai dengan paket bahan makanan kebutuhan pokok yangtotal bantuan dari Astra mencapai Rp151,8 miliar.

Kapolres Siak, AKBP Doddy F Sanjaya mengatakan nantinya ini akan difungsikan oleh dinas kesehatan dan jajarannya sesuai dengan peruntukan. Atas nama wakil ketua satgas, dia mengucapkan terimakasih atas bantuan Astra.

"Perlu digelorakan agar semua unsur mendukung upaya pemberantasan COVID-19. Ventilator ini salah satu peralatan medis vital untuk penyembuhan COVID-19 yang cukup akut," ujarnya.

Baca juga: Penyebaran COVID-19 sebabkan negara terapkan kebijakan larangan masuk

Baca juga: Penyebaran COVID-19 sebabkan negara terapkan kebijakan larangan masuk

Baca juga: Hasil tes cepat, lima pegawai Rutan Dumai Reaktif COVID-19
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar