Aliran Pertagas ke Blok CPP hemat 1 juta Dolar AS per bulan

id migas siak, siak, pertagas siak

Aliran Pertagas ke Blok CPP hemat 1 juta Dolar AS per bulan

Bupati Siak, Alfredri (tengah) didampingi Petinggi BOB dan Pertagas menekan tombol dimulainya aliran gas Pertagas. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Program Gas-in PT Pertamina Gas (Pertagas) ke lokasi pembangkit listrik Badan Operasi Bersama (BOB)PT Bumi Siak Pusako(BSP)-Pertamina HuludiKecamatan Pusako, Kabupaten Siak mampu menghemat sekitar 1 juta Dollar AS dan meningkatkan produksi minyak.

Bupati Siak Alfedri usai melakukan penandatanganan berita acara penyaluran gas ke pipa gas distribusi, Jumat, menyampaikan persediaan gas ini sangat membantu efesiensi pengelolaan migas yang ada di Blok Coastal Plains Pekanbaru ini. Untuk itu atas nama pemerintah dan masyarakat pihaknya mengapresiasi kerja keras anak bangsa ini.

"Karena berupaya memasang pipa sepanjang 67 kilometer dari station 1401 Gasib ke Simpang Pusako ke Pembangkit BOB. Tentu akan berdampak meningkatnya pendapatan asli daerah, baik dana bagi hasil maupun PAD dari Badan Usaha Milik Daerah kita PT BSP," ujar Alfedri.

Acara seremonial itu ditandai dengan penekanan tombol sirene bersama sebagai awal tonggak dimulainya aliran gas. Teralirnya gas ini akan menjawab masalah pasokan listrik yang selama ini dialami dan mampu menghemat 1 juta Dolar per bulannya, atau Rp 15 miliar.

General Manager BOB PT BSP-Pertamina Hulu, Raihan mengatakan, gas ini diperlukan untuk menggerakkan turbin gas. Dimana ini menjadi jantung beroperasinya pompa sumur dengan produksi lebih dari 9000 barel minyak per hari.

"Ia menjadi jantung dari pompa-pompa injeksi, untuk menginjeksikan kembali air ke dalam reservoar. Hal ini sebagai wujud komitmen BOB sebagai perusahaan migas yang ramah lingkungan karena sepertiga cadangan minyak BOB berada di areal Taman Nasional Zamrud," ucapnya.

Sebelumnya, PT Pertagas selaku afiliasi subholding gas PT PGN Tbk dan PT Pertamina (Persero), telah melakukan uji coba penyaluran gas. Gas yang dialirkan ini berasal dari Kontraktor Kontrak Kerjasama PHE Jambi Merang.

Selanjutnya, PT Pertagas bekerjasama dengan PT BSP Zapin, anak perusahaan PT BSP membangun pipa distribusi gas. Itu termasuk juga fasilitasnya di titik TGI SV 1401 di Kecamatan Koto Gasib sepanjang 67 km menuju pembangkit listrik BOB PT BSP-Pertamina Hulu di Kecamatan Pusako.

Selama ini, BOB memperoleh suplai gas dari KKKS Energi Mega Persada Malacca Strait dan telah berakhir, 4 Agustus 2020 lalu. Dengan mengalirnya gas ini, diharapkan kendala operasi kelistrikan akan teratasi.