50 nelayan Dumai terdampak COVID-19 terima Sembako dari Pertamina

id pertamina dumai,covid-19 dumai,nelayan dumai

50 nelayan Dumai terdampak COVID-19 terima Sembako dari Pertamina

Nelayan sedang belajar cara menggunakan teknologi pencari ikan (fish finder) di Dumai, Riau. (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) memberikan bantuan 50 paket sembako kepada nelayan binaan terdampak COVID-19 di Kota Dumai, berupa 5 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, 2 kg gula, sarden kaleng, kopi, dan teh.

Kepala Humas Pertamina RU II Dumai Brasto Galih Nugroho mengatakan, nelayan menjadi salah satu profesi yang terdampak pandemi corona. Harga jual ikan tangkapan menurun di pasaran sehingga mempengaruhi pendapatan para nelayan.

"Kami harap bantuan ini dapat meringankan nelayan di saat menghadapi masa sulit akibat pandemi COVID-19 ini," kata Brasto, Rabu.

Dijelaskannya, untuk penyaluran bantuan sembako ini bekerjasama dengan organisasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) sebagai wadah perhimpunan para petani dan kelompok tani.

Sejauh ini, Pertamina RU II juga telah membina 14 nelayan yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Tuna di Kelurahan Tanjung Palas Kelurahan Dumai Timur melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) sejak 2019.

Baca juga: Nelayan Dumai mulai terapkan teknologi Fish Finder bantuan Pertamina, begini manfaatnya

"Program kami jalankan ini meliputi penambahan modal peralatan tangkap ikan bagi nelayan, seperti teknologi fish finder dan jaring tangkap serta kegiatan budi daya ikan lele sebagai pendapatan para nelayan di daratan," sebutnya.

Sementara, Sekretaris HNSI Dumai Syamsuri menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Pertamina atas bantuan yang diberikan, karena akan sangat bermanfaat bagi nelayan, baik dalam memenuhi kebutuhan sehari hari, juga dalam aktivitas tangkap ikan.

"Semoga kerjasama antara Pertamina dengan HNSI dapat berjalan terus dengan baik melalui berbagai program bermanfaat ke depan," kata Syamsuri.

Sementara itu, data COVID-19 Kota Dumai hingga Rabu (10/6) pukul 12.56 WIB, mencatat Orang Dalam Pemantauan (ODP) 403 orang, 2 pasien dalam pengawasan (PDP) sedang dirawat dan terkonfirmasi positif 19 orang, namun keseluruhan sudah dinyatakan sembuh.

Baca juga: Pertamina gandeng konsorsium Korea bangun kilang minyak di Dumai

Baca juga: Pelaku UKM Dumai mitra Pertamina dibantu Rp420 juta