Disdagri Inhil masih izinkan pasar mingguan, begini alasannya

id Dinas Perdagangan dan Perindustrian Inhil, Disdagtri Inhil ,Dhoan Dwi Anggara , pasar dadakan, pasar mingguan,COVID-19, viris corona, tembilahan, inhi

Disdagri Inhil masih izinkan pasar mingguan, begini alasannya

Plt Kepala Disdagtri Inhil, Dhoan Dwi Anggara. (ANTARA/Adriah)

Indragiri Hilir (ANTARA) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagtri) Kabupaten Indragiri Hilir masih mengizinkan segala aktivitas pasar harian maupun mingguan di wilayahnya di tengah pandemiCOVID-19.

"Untuk segala aktivitas pasar baik harian atau mingguan pada prinsipnya demi untuk menunjang kebutuhan pokok masyarakat masih tetap diperkenankan seperti biasa," ujar Plt Kepala Disdagtri Inhil, Dhoan Dwi Anggara kepada Antara, Selasa.

Meskipun demikian, Disdagtri Inhil meminta para pedagang untuk mengikuti aturan surat edaran yang telah disampaikan.

"Meski demikian, pedagang harus memperhatikan ketentuan-ketentuan yang telah diedarkan oleh pemerintah daerah mengenai tindakan pencegahanpenyebaran COVID-19," ujar Dhoan.

Sementara itu, untuk pasar mingguan yang langsung dikelola desa merupakan kebijakan masing-masing. Meskipun demikian, Disdagtri Inhil tetap mengimbau pasar tersebut tetap dibuka untuk menjaga ketersediaan bahan pokok masyarakat.

"Untuk pasar-pasar mingguan yang dikelola oleh pihak desa itu kebijakan masing-masing desa, tapi kami mengimbau untuk aktivitas pasar dapat berjalan seperti biasa," ujar mantan Camat Tembilahan Hulu ini.

"Mungkin perlu perhatian ekstra untuk pedagang pembelok oleh Tim Gugus Tugas Pencegahan COVID-19 di kecamatan atau desa dalam cek kesehatan yang masuk dan berjualan di pasar," ujarnya.

Dia menuturkan sejauh ini tidak ada pasar-pasar yang ditutup akibat dampak COVID-19.

Untuk diketahui data saat ini, orang dengan pemantauan (ODP) di Inhil mencapai 176 kasus dan pasien dengan pemantauan (PDP) lima kasus.

Baca juga: Isu pasar di Tembilahan akan ditutup hoaks, begini faktanya

Baca juga: Isu penutupan sementara pasar Terubuk Bengkalis Hoaks, begini penjelasannya