BEI Riau siap bantu PTPN-V melantai di bursa saham

id Bei,BEI Riau, PTPN V,IPO PTPN V

BEI Riau siap bantu PTPN-V melantai di bursa saham

Kepala BEI Riau, Emon Sulaeman. (ANTARA/Vera Lusiana)

 Pekanbaru (ANTARA) - Bursa Efek Indonesia (BEI) Riau menyatakan kesiapannya untuk membantu PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) melantai di bursa saham terkait adanya rencana perusahaan sawit itu akan menawarkan saham perdana atau IPO (initial public offering) ke masyarakat.

"BEI akan sangat terbuka menyambutnya dan kami siap membantu tim IPO PTPN V segera melantai di bursa jika dibutuhkan," kata Kepala BEI Riau Emon Sulaeman di Pekanbaru, Sabtu.

Menurutnya, hal tersebut adalah langkah baik buat PTPN V jika IPO terjadi tentunya mereka akan punya dana segar yang bisa dimanfaatkan untuk ekspansi lebih luas.

"Kami juga bisa membantu mensosialisasikan tentang langkah IPO oleh manajemen kepada karyawan, sehingga karyawan bisa bekerja lebih baik lagi ke depan, dan tentunya PTPN V bisa menjadi lebih besar," kata Emon Sulaeman.

Emonbahkan menilai dampak melantainya PTPN V akan ada. Secara tidak langsung hal itu akan dapat menyerap tenaga kerja baru dan lebih jauh lagi kontribusi pertumbuhan ekonomi di Riau yang lebih besar dari tahun sebelumnya.

"Masyarakat Riau sendiri punya kesempatan untuk memiliki perusahaan PTPN V, dengan membeli sahamnya," kata Emon.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) Jatmiko K. Santosa menyatakan BUMN sektor perkebunan tersebut masih terus mempersiapkan rencana penawaran saham perdanauntuk mendaftar ke bursa saham secara serius.

"Saya sampaikan ke pemegang saham kalau ini dijadikan bagian langkah restrukturisasi PTPN Grup, artinya kita gak main-main IPO-nya. Kita gak boleh IPO yang abal-abal istilahnya,” kata Jatmiko di Pekanbaru, Riau, Jumat.

Pihaknya masih terus melakukan persiapan dan mengkaji saat yang tepat untuk melaksanakan IPO. Menurut dia, lembaga penyiapan IPO sudah bekerja, sedangkan untuk lembaga profesi penunjang sedang dalam proses.

Ketika disinggung berapa banyak saham yang akan ditawarkan di pasar modal, Jatmiko menyatakan masih menghitung dengan melihat potensi yang mungkin akan diterima oleh pasar calon investor.

"Sering kan kita bicara listing habis itu selesai, yang dijanjikan ke investor gak selesai juga. Ini yang kita jaga benar, kita olah apa yang membuat manfaat bagi kita semua," katanya.

Ia mengatakan pada pembicaraan dengan pemegang saham, IPO PTPN V direncanakan pada tahun ini.

"Target ke pemegang saham pada tahun ini, sebelum akhir tahun bisa kuartal III atau akhir kuartal II," katanya.

Jatmiko mengatakan langkah IPO dilakukan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan unit usaha di tubuh perusahaan perkebunan plat merah terbesar di Riau tersebut.

Baca juga: Pasar saham Riau optimis tumbuh positif ditengah terpaan isu corona

Baca juga: Investor milenial Riau tumbuh 1.880 pada tahun 2019


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar