Jembatan Pelabuhan Buton roboh lagi, begini dampaknya bagi penumpang

id jembatan ,jembatan rubuh,pelabuhan tanjung buton,pelabuhan riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Jembatan Pelabuhan Buton roboh lagi, begini dampaknya bagi penumpang

Jembatan menuju ponton di Pelabuhan Tanjung Buton yang roboh.(ANTARA/Bayu Agustari Adha)

SIAK, (ANTARA) - Jembatan penumpang menuju ponton untuk ke kapal di Dermaga Pelabuhan Mengkapan Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Riau, roboh sehingga pelayanan penumpang rencananya dialihkan ke Pelabuhan Sei Selari, Sungai Pakning, Kabupaten Bengkalis.

"Pelayanan penumpang direncanakan dialihkan ke Sei Selari, tapi masih menunggu izin rute dan tarif dari kementerian perhubungan," kata Kepala Badan Pengelola Transportasi Darat IV Riau Kepulauan Riau, S Ajie Panatagama, Rabu.

Ini adalah kedua kalinya fasilitas di pelabuhan Tanjung Butonrusak berat sehingga berdampak bagi pelayanan kepada penumpang.Sebelumnya pada 2019, jembatan dermaga yang permanen juga roboh menyebabkan seorang pegawai non pegawai negeri meninggal dunia. Oleh karenanya pemberangkatan dan penurunan penumpang dipindahkan ke tempat yang berbeda.

Kali ini jembatan di pelabuhan tersebut roboh pada Selasa sore (7/1) akibat hempasan gelombang ombak yang keras. Engsel pada ponton tersebut lepas sehingga ujung jembatannya tercebur ke laut pada pelabuhan yang juga melayani rute ke Batam dan Karimun ini.

Ajie mengatakan renovasi dilakukan untuk dermaga tersebut dan saat ini masih proses lelang. Hal tersebut akan dilakukan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Siak Arief Fadila menyampaikan jembatan yang roboh tersebut sudah lama tidak difungsikan lagi untuk penumpang. Sebelumnya penumpang jugatelah dialihkan ke tempat lain di Pelabuhan Tanjung Boton karena kondisinya tidak memungkinkan lagi.

"Benar jembatan pelabuhan roboh. Jembatan penumpang tersebut sudah lama tidak difungsikan," ungkapnya.

Saat kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Jembatan pelabuhan penumpang tersebut roboh katanya karena lepas dari engselnya disebabkan hembasan ombak yang menyebabkan keretakan pada tiang pondasi.

Baca juga: VIDEO - Korban tenggelam robohnya Dermaga Buton Siak ditemukan tewas

Baca juga: Truk tenggelam akibat jalan ambruk menuju Pelabuhan Tanjung Buton Siak