Nissa Sabyan meriahkan Gerhana Matahari Cincin di Kampung Bunsur Siak

id nissa sabyan di sigi, gerhana matahri cincin, gerhana matahari cincin siak,Kampung Bunsur

Nissa Sabyan meriahkan Gerhana Matahari Cincin di Kampung Bunsur Siak

Nissa Sabyan bersama rekan-rekannya mengajak masyarakat saksikan Gerhana Matahari Cincin di Kampung Bunsur, Siak.(ANTARA/HO-Nissa Sabyan official).

SIAK, (ANTARA) - Artis dan penyanyi reliji, Nissa Sabyan akan tampilpada momen Gerhana Matahari Cincin, 26 Desember 2019 di Kampung Bunsur, Kabupaten Siak, Provinsi Riau yang menjadi lokasi terbaik menyaksikan fenomena 300 tahun sekali ini.

"Selain akan dilaksanakan Tabligh Akbar, Salat Gerhana Berjamaah, juga akan dimeriahkan oleh grup gambus modern Nissa Sabyan," kata Bupati Siak, Alfedri, Senin.

Dikatakannya, Festival GMC digelar di Kampung Bunsur berdasarkan pengamatan Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN). Fenomena tersebut terjadi di sejumlah daerah di Indonesia dimulai sekitar sejak pukul 10.00 WIB.

Di Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit diprediksi akan terjadi pada pukul 12.00 WIB dengan bentuk yang sempurna. Oleh karena itu, kegiatan ini diharapkan bupati dapat dikelola sehingga meningkatkan angka kunjungan pariwisata ke Kabupaten Siak.

"Saya berharap berbagai persiapan dan apa saja yang dibutuhkan dapat segera diselesaikan agar pada hari H pelaksanaan tidak ada lagi hambatan dan iven ini bisa berjalan dengan lancar," harapnya.

Rangkaian acara, lanjutnya, sudah ada sejak Selasa (24/12) dengan berbagai seminar terkait antariksa. Kemudian pada Rabu (25/12) juga akan dilaksanakan pemutaran film di antaranya yang ada syuting di Siak yakni "Iqro My Universe".

"Pada hari GMC kita salat gerhana, kalau tidak di lapangan, bisa dilakukan di pesantren ada di dekat sana," tambahnya.

Baca juga: PFI Pekanbaru berbagi tips motret fenomena gerhana matahari cincin

Kepala Dinas Pariwisata Siak, Fauzi Asni menyebutkan sosialisasi untuk mengedukasi para pelajar terkait fenomena langka. Sosialisasi kegiatan Festival GMC sudah di beberapa sekolah setingkat SMA dan SMK yang ada di Kabupaten Siak.

"Kita ingin generasi muda kita memahami gerhana matahari cincin bukan sebagai sesuatu yang harus ditakuti, melainkan tanda-tanda kebesaran Allah SWT yang harus kita sikapi sesuai cara dan tuntunan yang diajarkan agama," sebut Fauzi.

Nissa Sabyan sendiri dalam videonya juga sudah menyampaikan bakal mengisi acara di Kampung Bunsur, Siak. Grup dengan tiga anggota ini juga mengajak masyarakat bersama menyaksikan fenomena langka ini.

Dalam rapat terungkap bahwa rangkaian acara Festival GMC akan diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya nonton film bareng , hiburan Hadroh dan Sholawat serta Orkestra OMOK, dan berbagai penampilan kesenian dan bazar kuliner.

Baca juga: Jadi Lintasan Gerhana Matahari, Siak Siap Gaet Kunjungan Wisatawan

Baca juga: Setelah mengikuti transit Merkurius, siap-siap mengamati gerhana matahari cincin