PFI Pekanbaru berbagi tips motret fenomena gerhana matahari cincin

id gerhana matahari cincin,BMKG,PFI Pekanbaru,pewarta foto indonesia,berita riau antara,berita riau terbaru

PFI Pekanbaru berbagi tips motret fenomena gerhana matahari cincin

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki (tengah) menjelaskan fenomena gerhana matahari cincin pada acara sharing session PFI Pekanbaru di Think Core Space, Pekanbaru, Sabtu (14/12/2019). (ANTARA/HO-PFI Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pekanbaru menggelar kegiatan bertajuk "sharing session Kiat Mengabadikan Gerhana Matahari Cincin" karena fenomena alam itu bakal terlihat jelas di Provinsi Riau.

Kegiatan edukasi tersebut digelar jelang fenomena langka gerhana matahari yang diprakirakan terjadi pada 26 Desember 2019.

Bertempat di Think Core Space Jalan Kundur No.5, Pekanbaru, Sabtu (14/12), puluhan peserta dari berbagai kalangan baik dari awak media, mahasiswa dan penghobi fotografi, mendapatkan pemaparan dari tiga narasumber.

Ahli dari BMKG Stasiun Pekanbaru selaku pembicara pertama, menyatakan di Riau khususnya Kabupaten Siak, merupakan daerah paling baik untuk melihat gerhana matahari cincin karena tepat berada diperlintasannya.

Marzuki, Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru mengatakan, Riau Khususnya Siak sangat beruntung karena jalur perlintasan gerhana matahari kali ini tepat di kabupaten tersebut.

"Semua daerah bisa melihat Gerhana Matahari tersebut, tapi untuk dapat melihat cincin yang sempurna Kabupaten Siak tepat diperlintasan nya,"ungkap Marzuki.

Baca juga: Setelah mengikuti transit Merkurius, siap-siap mengamati gerhana matahari cincin

Lanjut Marzuki lagi, BMKG menyarankan untuk tidak melihat langsung gerhana matahari, dan harus menggunakan kacamata khusus. Sebabnya, cahaya matahari saat gerhana bisa menimbulkan kerusakan pada bola mata.

"Bagi masyarakat yang ingin melihat langsung fenomena langka ini agar menggunakan kaca mata khusus karena jika tidak akan bisa merusak pengelihatan,"ujarnya.

Fotografer Afrianto Silalahi memberikan tips memotret fenomena gerhana matahari cincin pada acara sharing session PFI Pekanbaru di Think Core Space, Pekanbaru, Sabtu (14/12/2019). (ANTARA/HO-PFI Pekanbaru)


Untuk pembicara selanjutnya, dua anggota PFI Pekanbaru memberikan tips dan trik untuk mengabadikan momen langka tersebut. Mereka adalah Widiarso dan Afrianto Silalahi yang sudah berpengalaman memotret fenomena alam tersebut.

Dua pembicara tersebut masing-masing memberikan tips dan trik serta berbagi pengalaman mereka dalam memotret gerhana matahari mulai dari kesiapan peralatan, pemilihan lokasi pemotretan, serta cara kreatif guna menghasilkan foto yang menarik.

Ketua PFI Pekanbaru, Rian FB Anggoro mengatakan bahwa kegiatan sharing Session ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam bidang fotografi untuk mengabadikan momen fenomena langka gerhana matahari cincin.

"Dengan acara ini kita bisa berbagi ilmu kepada semua khalayak terutama penyuka fotografi," ungkap Rian Anggoro.

Pria yang baru saja mendapatkan penghargaan dalam ajang bergengsi Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2019 ini tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak seperti PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau-Kepri, APP Sinar Mas yang selalu mensupport kegiatan PFI Pekanbaru.

Baca juga: Akan ada gerhana matahari cincin di Siak

Baca juga: Jadi Lintasan Gerhana Matahari, Siak Siap Gaet Kunjungan Wisatawan
Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar