Akan ada gerhana matahari cincin di Siak

id gerhana matahari cincin, gerhana matahari siak, siak sambut gerhana matahari

Akan ada gerhana matahari cincin di Siak

Suasana rapat di LAPAN, Bandung (istimewa)

Siak, Riau (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Siak rapat koordinasi dengan Lembaga Pusat Sains dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Bandung, Jawa Barat untuk mempersiapkan iven Gerhana Matahari Cincin yang diperkirakan jatuh pada 26 Desember 2019.

Kepala Dispar Siak, Fauzi Asni dihubungi dari Siak, Sabtu, mengatakan bahwa dalam rakor pada Jumat (12/04) itu, dia menyampaikan kesiapan daerahnya sebagai pusat pengamatan GMC. Siak merupakan salah satu daerah lintasan gerhana matahari dan LAPAN sudah menetapkan tempat terbaiknya berada di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit.

"Walau masih lama, namun gaung GMC sudah kami buat dengan melakukan Peluncuran GMC 2019 di lokasi titik pengamatan yakni di Lapangan Bunsur," ungkapnya.

Fauzi melanjutkan peluncuran Iven GMC 2019 dilakukan pada 15 Februari lalu. Menurutnya, Pemkab Siak akan menyambut baik para tamu, masyarakat dan pengamat yang ingin melihat GMC.

Baca juga: Jadi Lintasan Gerhana Matahari, Siak Siap Gaet Kunjungan Wisatawan

Nantinya akan ada sejumlah iven yang dibuat dalam rangkaianmenyambuat GMC tersebut di antaranya, Pameran Fotografi Objek Wisata, Pemutaran Film Budaya, Festival Budaya Malam, serta ritual keagamaan seperti zikir, doa dan melakukan shalat gerhana.

Sementara itu,Kepala LAPAN, Clara Yatini mengharapkanGMC tidak hanya sekedar fenomena alam yang lewat begitu saja. Namun momen tersebut harus memiliki nilai bagi masyarakat dan juga tantangan bagi para pengamat untuk bisa menghasilkan amatan yang baik.

"Kita berharap iven GMC 2019 jangan lewat begitu saja, karena ia memiliki makna yang lebih dari sekedar fenomena alam yang mungkin bisa untuk kita amati," katanya.

Baca juga: Ada wisata gerhana matahari cincin di Siak

Lebih lanjut, LAPAN mendorong bagi daerah yang dilintas GMC nanti agar dapat menciptakan ide-ide menarik yang melibatkan masyarakat dan mahasiswa.

Iven ini juga akan menjadi momen bagi perkembangan pariwisata dan ekonomi di daerah.