Kemendikbud libatkan puluhan perguruan tinggi untuk susun soal ujian CPNS

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, kemendikbud libatkan

Kemendikbud libatkan puluhan perguruan tinggi untuk susun soal ujian CPNS

Ilustrasi - Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melibatkan sebanyak 22 perguruan tinggi untuk menyusun soal ujian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.

"Kami dari Kemendikbud, sebagai panitia seleksi nasional (panselnas) ditugaskan membuat soal, dan kami melibatkan 22 PT karena soal tersebut juga mempertimbangkan kewilayahan," kata Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pemkab Siak angkat 212 CPNS seleksi 2018

Soal yang dibuat, kata dia, memuat tes tentang wawasan kebangsaan, intelegensi umum dan karakteristik pribadi.

"Terkait rumpun keilmuan soal, perlu dilakukan koordinasi, karena itu kami akan segera mengundang beberapa perguruan tinggi untuk menyepakati rumpun keilmuan," katanya.

Penyelarasan rumpun keilmuan, menurut dia, bertujuan membantu para panitia di berbagai tingkatan agar tidak melakukan interpretasi sesuai pendapat masing-masing terhadap soal tes.

Mengenai upaya menangkal pelamar berpaham radikal lolos menjadi ASN, tim penyusun soal juga telah memasukkan uji tersebut dalam tes wawasan kebangsaan.

"Untuk memperkuat menangani radikalisasi, perlu juga nantinya di latihan dasar CPNS," demikian Didik Suhardi.

Baca juga: Mau daftar jadi CPNS Pekanbaru, inilah jadwal pembukaanya

Baca juga: Pemko Pekanbaru buka penerimaan CPNS 346 orang, begini penjelasannya


Pewarta : Boyke Ledy Watra