Anggaran Pilkada Dumai tahun 2020 disepakati Rp18 miliar

id KPU Dumai,NPHD Dumai,Pilkada Dumai

Anggaran Pilkada Dumai tahun 2020 disepakati Rp18 miliar

Penandatanganan NPHD Pilkada Dumai 2020. (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Kebutuhan anggaran Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kota DumaiTahun 2020 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya rampung, karena sudah ditandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) dengan pemerintah daerah, dan disepakati sebesar Rp18 miliar dari usulan Rp22 miliar.

Ketua KPU Dumai Darwis di Dumai, Jumat, menyampaikan apresiasi atas kesepakatan bersama dua pihak dalam rangka penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020, dengan disetujui anggaran sebesar Rp18 miliar."Naskah perjanjian hibah daerah sudah ditandatangani bersama pemerintah daerah, dan anggaran pelaksanaan pilkada 2020 sudah disepakati sebesar Rp18 miliar," kata Darwis didampingi Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Parno.

Dijelaskan, penandatanganan dana hibah daerah dilakukan Walikota Dumai Zulkifli As dan Ketua KPU Dumai Darwis untuk pelaksanaan Pilkada yang dijadwalkan pada 23 September Tahun 2020, dan tahapan sudah dimulai tahun ini.

Proses NPHD diawali dari pengajuan anggaran disampaikan KPU Kota Dumai kepada tim anggaran pemerintah daerah, berdasarkan kebutuhan KPU dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerahtahun 2020.

"Semoga pesta demokrasi ini dapat berjalan lancar, aman dan partisipasi masyarakat semakin meningkat," harapnya.

Diberitakan sebelumnya, KPU Dumai sudah mengajukan kebutuhan anggaran ke pemerintah daerah sebesar Rp22 miliar pada April 2019 lalu untuk tahapan Pilkada September 2020 mendatang.

"Tahapan sudah dimulai, dan diawali perencanaan, kemudian KPU juga mengajukan anggaran pelaksanaan pilkada sebesar Rp22 miliar pada April 2019 lalu," kata Darwis.

Pengajuan anggaran disesuaikan dengan kebutuhan, meliputi berbagai teknis perencanaan dan pelaksanaan, logistik, sosialisasi, petugas pemilu dan lain sebagainya. Untuk perbandingan pada pelaksanaan Pilkada Dumai Tahun 2015, KPU usulkan anggaran sama, namun hanya disetujui Rp18 miliar.

Diketahui, bukan hanya Dumai yang akan menggelar Pilkada 2020, namun ada sejumlah kabupaten kota di Provinsi Riau, di antaranya, Kabupaten Kuansing, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti dan Bengkalis.

Baca juga: Bawaslu Riau tandatangani dana hibah Pilkada 2020 di enam kabupaten

Baca juga: KPU Riau desak Pemkab segera tandatangani NPHD Pilkada serentak 2020
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar