TNI AU kerahkan empat Hercules untuk bantu evakuasi korban kerusuhan di Wamena

id Berita hari ini,berita riau terkini, berita riau antara, TNI AU kerahkan empat Hercules

TNI AU kerahkan empat Hercules untuk bantu evakuasi korban kerusuhan di Wamena

Arsip Foto. Pengungsi korban kerusuhan dari Wamena, Papua, yang diangkut menggunakan pesawat Hercules tiba TNI di Lanud Pattimura, Ambon, Maluku, Rabu (2/10/2019). (ANTARAFOTO/Izaac Mulyawan)

Jayapura (ANTARA) - TNI Angkatan Udara (AU) mengerahkan empat pesawat Hercules untuk mengevakuasi korban kerusuhan dari Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, ke Jayapura.

"Evakuasi hingga Kamis masih dilakukan," kata Komandan Lanud Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo Budi Santoso kepada ANTARA di Sentani, ibu kota Kabupaten Jayapura, Kamis.

Baca juga: Pesawat Hercules TNI angkut 300 orang pengungsi dari Wamena

Ia mengatakan bahwa satu dari empat pesawat Hercules yang digunakan untuk mengevakuasi korban kerusuhan Wamena saat ini sudah kembali ke Base Ops di Surabaya mengangkut 150 pengungsi asal Wamena untuk diturunkan di Makassar dan Surabaya.

Dengan demikian, ia melanjutkan, tersisa tiga pesawat Hercules untuk mengangkut para pengungsi dari Wamena ke Jayapura.

"Pengungsi yang sudah dievakuasi ke Jayapura tercatat 8.087 orang dan jumlah itu akan bertambah," kata Tri Bowo.

Setibanya di Sentani, ia menjelaskan, para pengungsi ditempatkan di tempat-tempat penampungan pengungsi yang ada di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Demonstrasi yang berujung kerusuhan di Wamena pada 23 September 209 menyebabkan lebih dari 30 orang meninggal dunia serta mengakibatkan kerusakan banyak bangunan rumah, kantor, kios, dan fasilitas umum. Peristiwa itu mendorong sebagian warga mengungsi dari Wamena.

Baca juga: Panglima TNI janjikan Hercules pengebom air di Karhutla Riau

Baca juga: Pesawat Hercules Jatuh ke Jalan Puerto Rico, 9 Awak Tewas


Pewarta : Evarukdijati