Anak imigran di Pekanbaru sekolah. Ini lokasinya

id imigran pekanbaru, imigran pekanbaru sekolah

Ratusan imigran dari berbagai negara berunjukrasa di depan kantor International Organization for Imigration (IOM) di Pekanbaru, Riau, Senin (19/8/2019). Dalam aksinya mereka mendesak IOM dan United Nation High Commisioner for Refugees (UNHCR) agar lebih memperhatikan nasib mereka dan segera menempatkan mereka di beberapa negara yakni Australia, Kanada dan Amerika. ANTARA FOTO/Rony Muharrman/ama.

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Pekanbarutelah menetapkan pembagian sekolah bagi anak-anak pengungsi luar negeri yang mencari suaka politik dan berada di Ibu Kota Provinsi Riau tersebut.

"Kami sudah menyurati kepala SD yang dimaksud," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekabaru, Abdul Jamalkepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Abdul Jamal menyebutkan lokasi yang menjadi distribusi anak imigran adalah SDN 17, SDN 182, SDN 190, SDN 141, SDN 170, SDN 48, SDN 141, SDN 159, SDN, 56, dan SDN170.

Masing-masing SD telah ditunjuk untuk menampung siswa kelas 1-5, dengan jumlah bervariasi tergantung letak penampungan keluarga imigran masing-masing. Penentunya adalah zonasi, di mana mereka akan bersekolah pada layanan pendidikan terdekat dengan tempat tinggal.

Saat ini ada lima penampungan imigran di Pekanbaruyakni Wisma Novry, Wisma Indah, Tasqya, Orchid, dan Satria.

Di lima penampungan imigran itu terdapat sekitar 84 anak usia sekolah dasar. Maka Disdik dan Rumah DetensiImigrasi (Rudenim) sudah berkoordinasi terkait pendistribusian anak-anak pencari suaka tersebut.

Baca juga: DPPPA dukung Disdik Pekanbaru tampung anak imigran bersekolah

Untuk Wisma Novry, terdapat tiga SD yang ada di sekitar yang menampung sekitar 17 murid dari kelas I sampai kelas IV, yakni SDN 17,SDN 182 dan SDN 190.

Kemudian di sekitar Wisma Indah terdapat tiga SD juga masing-masing SDN 141, SDN170 dan SDN48 yang totalnya menampung 19 siswa dari kelas I sampai kelas IV.

Untuk anak imigran yang di Tasqya ditempatkan di SDN 141 dan SDN170 yang totalnyasebanyak tujuh murid.

Selanjutnya penampungan Orchid anak imigran disekolahkan di SDN 159, di sini ada sebanyak 20 siswa.

Terakhir penampungan Satria disediakan

SDN 56 untuk 22 siswa.

"Sejauh ingin ada 84 anak imigran yang bersekolah pada fasilitas SDN di Pekanbaru," pungkasnya.

Dia berharap para anak imigran tersebut bisa menyesuaikan lingkungan yang baru dan bisa mengikuti kegiatan belajar dengan baik.

Baca juga: Pekanbaru sudah mendapat izin tampung anak imigran bersekolah

Baca juga: Ratusan pencari suaka kembali demo kantor IOM di Pekanbaru


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar